Tugas Mikrobiologi “Segudang Manfaat Enokitake”

Segudang Manfaat Enokitake

(Elfani Damayanti A 171 072)

Enokitake merupakan salah satu jenis jamur yang sering digunakan sebagai bahan pelengkap untuk makanan, khususnya pada makanan korea.  Di Indonesia penggunaan jamur enokitake ini masih jarang diolah menjadi makanan padahal sudah mudah didapatkan di supermarket terdekat.

                 Jamur enokitake ini berbentuk panjang dan berwarna putih dikenal juga sebagai jamur tauge, jamur musim dingin atau jamur jarum emas. Jamur ini dapat tumbuh di alam bebas dengan beriklim sejuk. Biasanya tumbuh pada permukaan batang kayu lapuk pohon-pohon berdaun lebar dan sering dianggap sebagai hama, padahal jamur ini jika diolah menjadi bahan makanan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

                 Jamur enokitake ini kaya akan serat sehingga dapat mencegah terjadinya sembelit dan melancarkan pencernaan. Kalori dari jamur enokitake ini juga tergolong rendah yaitu sebesar 20 kkal dalam semangkok jamur enokitake mentah sehingga cocok untuk orang-orang yang sedang menjaga berat badan. Selain itu jamur enokitake ini memiliki kadar gula yang rendah sehingga baik untuk orang yang menderita penyakit diabetes. Jamur enokitake ini menggandung senyawa flammulin yang dapat membantu mencegah berkembangnya sel-sel kanker dan tumor dalam tubuh sehingga baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit kanker dan tumor khususnya pada lymphoma yaitu kanker yang menyerang system limfatik atau kelenjar getah bening serta kanker prostat. Kandungan protein yang terdapat dalam jamur ini juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan jamur ini juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah perkembangan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menimbulkan penyakit berbahaya pada tubuh.

                 Cara mengolah jamur enokitake ini juga mudah, dengan memotong bagian akarnya saja, kemudian bagian atasnya dapat digunakan sebagai bahan pelengkap pada sup dan dapat dibuat menjadi salad. Dengan pengolahan yang benar jamur enokitake yang sering dianggap menjadi hama ini ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan kita.

Leave a Comment