Tugas Mikrobiologi “Jangan Pandang Kami (Virus) Sebelah Mata”

Jangan Pandang Kami (Virus) Sebelah Mata

Neni Mulyati (A 171 089)

Hallooo… Assalamualaikum,Wr.Wb. Selamat siang teman teman semua. Perkenalkan nama saya Neni Mulyati. Saya merupakan salah satu mahasiswi semester empat dari sekolah tinggi yang berada di Bandung. Disini saya akan berbagi ilmu mengenai ciri-ciri virus dan peranan virus dalam kehidupan kita sehari-hari.

Sebelum kita mengetahui ciri-ciri virus itu seperti apa, alangkah lebih baiknya kita mengenal terlebih dahulu virus itu apa. Ada yang sudah tahu virus itu apa ?  Mendengar kata virus mungkin banyak yang beranggapan bahwa virus adalah sebuah makhluk hidup yang tidak terlihat secara kasat mata yang hanya dapat menimbulkan penyakit pada tubuh kita, lalu apakah pernyataan tersebut dapat langsung kita anggap sebagai pernyataan yang memang benar seperti itu kebenarannya ? Tidak yaaa… karena pernyataan tersebut bisa benar ataupun salah, maka dari itu untuk mengetahui kebenarannya simak terus artikel yang saya buat.

Lalu apa itu virus ? Yaa virus adalah parasit yang berukuran sangat kecil yang tidak dapat dilihat oleh kasat mata, lalu kenapa dia dapat dikatakan sebagai virus ? Bagaimana ciri dari virus itu sendiri ? Ciri dari virus itu sendiri yaitu aseluler dimana virus ini bukan merupakan sel, ukurannya jauh lebih kecil dari bakteri, hal yang menarik dari ciri virus itu bahwa virus merupakan makhluk peralihan, kenapa peralihan ? Karena virus merupakan makhluk hidup peralihan antara benda mati dan makhluk hidup, dikatakan benda mati karena virus itu dapat dikristalkan sedangkan dikatakan makhluk hidup karena dia dapat berkembang biak, virus tidak dapat berkembang biak di alam tetapi hanya dapat berkembang biak di dalam makhluk hidup, misalnya di dalam embrio telur ayam.

Lalu apa peran makhluk hidup yang sangat kecil ukurannya ini dalam kehidupan manusia ? Apakah hanya mendatangkan penyakit yang merugikan dalam tubuh kita? Atau justru dapat mendatangkan manfaat  yang luar biasa ? Makhluk kecil ini memiliki dampak merugikan bagi manusia, karena dapat menimbulkan banyak penyakit, salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus yaitu cacar (herpes). Penyakit herpes adalah  radang kulit yang ditandai dengan pembentukan gelembung-gelembung berkelompok. Gelembung-gelembung ini berisi air pada dasar peradangan. Banyak orang yang beranggapan bahwa ketika sudah pernah terkena cacar air maka tidak akan terkena lagi penyakit tersebut. Benarkah demikian ? Sebenarnya setelah terkena cacar air dan sembuh virus tersebut tidak 100% hilang dari dalam tubuhnya melainkan bersembunyi di dalam sel ganglion dorsalis sistem syaraf penderita, ketika daya tahan tubuh (imun) melemah maka virus akan kembali menyerangnya.

Eiittsss.. tapi jangan salah paham dulu, meskipun virus dapat menyebabkan penyakit tapi virus juga memiliki peran yang tak kalah menguntungkan. Manfaat dari virus itu sendiri yaitu adanya vaksin yang dapat mencegah suatu penyakit. Vaksin tersebut disuntikkan ke tubuh manusia dan menyebabkan tubuh memproduksi antibodi atau zat lain yang membuat tubuh kebal (tahan) terhadap virus. Selain itu, virus dapat digunakan untuk membasmi hama secara biologis.

Leave a Comment