Berprestasi dengan Kreativitas, Memangnya Bisa?

Menurut Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), kreativitas merupakan penjelmaan integratif dari tiga faktor utama dalam diri manusia, yaitu: pikiran (kognitif), perasaan (afektif), dan keterampilan (psikomotorik). Dalam faktor pikiran terdapat imajinasi, persepsi dan nalar. Faktor perasaan terdiri dari emosi, estetika dan harmonisasi. Sedangkan faktor keterampilan mengandung bakat, faal tubuh dan pengalaman. Kemampuan berpikir dan bertindak kreatif pada hakekatnya dapat dilakukan setiap manusia apalagi yang menikmati pendidikan tinggi.

Dengan demikian, agar mahasiswa dapat mencapai level kreatif, ketiga faktor termaksud diupayakan agar optimal dalam sebuah kegiatan yang diberi nama Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). PKM menumbuh kembangkan HOTS (Higher Order Thinking Skills), Creative Thinking, Critical Thingking melalui implementasi filosofi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu (1) Pendidikan dan pengajaran, (2) Penelitian dan pengembangan, (3) Pengabdian kepada masyarakat.

Tahapan PKM 5 Bidang yaitu:

1) Mahasiswa menyusunan proposal

2) Perguruan Tinggi melaksanakan Evaluasi Internal dan mengunggah Berita Acara Hasil Evaluasi Internal, mendaftarkan judul dan ketua tim pengusul, membuat akun ketua tim pengusul

3) Mahasiswa mengunggah proposal

4) Ditjen Belmawa melaksanakan Evaluasi Daring Tahap 1 dan Evaluasi Daring Tahap 2, menetapkan proposal yang didanai, melakukan penugasan dan kontrak

5) Mahasiswa melaksanakan kegiatan, mengisi catatan harian dan mengunggah laporan kemajuan

6) Ditjen Belmawa melaksanakan Monitoring dan Evaluasi

7) Ditjen Belmawa menetapkan peserta PIMNAS

8) Mahasiswa peraih pendanaan mengunggah Laporan Akhir dan mahasiswa peserta PIMNAS mengunggah Artikel dan poster

9) Pelaksanaan PIMNAS

Syukurlah dari sekian banyaknya tim yang turut berpartisipasi dengan berbagai jenis judul dari STFI bandung, 10 tim lolos evaluasi daring tahap 1 dan 2. Berikut ke sepuluh tim yang lolos dan dapat mengikuti Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) pada tanggal 18 Juli 2019 di Auditorium CC Timur Institut Teknologi Bandung (ITB).

1 tim PKM-Kewirausahaan (PKM-K)

Yasri Aulia, Vina Dini Aulia, Natalia Suryanata

“BABO (BATH BOMB) PINUS (Pinus merkusii) untuk Relaksasi dan Detoksifikasi”

Kamu dapat memesan dan membeli bath bomb yang bisa dicustom dengan aroma yang tersedia disini.

9 tim PKM-Penelitian (PKM-P)

Kristin Fransiskus, Marliana, Geri Ahmad Rustandi

“CULLIN Modifikasi Kromatografi Radial untuk Isolusi Kurkumin”

Nurdianti, Dewi Nopiyanti, Sherlynda Febriani

Analisis Alfa-Tokoferol Pada Buah Mengkudu (Morinda citrifolia L.) Dari Ketinggian Tempat Tumbuh Yang Berbeda Menggunakan Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (KCKT)

Hanifa Fauziyah, Yeni Indah Puspita Sari, Khaerul Adnan

Desain Struktur Mutan Toksin Difteri Secara In Silico Sebagai Komponen Vaksin Yang Aman Dan Imunogenik

Alaris Darasito Damanik, Ricky Johanes Anderson Hutagaol, Fitriyani

Pembuatan Garam Ekstrak Lada Larut Air Dan Karakterisasi Dengan Spektrofotometer UV-Vis, FT-IR, Dan LC-MS

Yohana Nababan, Wise Susanti Hendrik, Nur Aisyah Istiqomah

Pemisahan Senyawa Turunan Kurkuminoid Dari Rimpang Kunyit (Curcuma longa L.) Dengan Metode Fermentasi Bakteri Bacillus sp.

Nurul Hidayah, Siska Dewi, Windania Barkah

Penetapan Kadar Total Fenol, Flavonoid, Dan Aktivitas Antioksidan Dari Ekstrak Etanol Campolay

Naimah Puteri, Nur Muthmainnah, Maskuni

Pengaruh Fermentasi Umbi Bawang Dayak (Eleutherine palmifolia L. Merr.) Terhadap Kadar Total Fenol, Kadar Total Flavonoid Dan Aktivitas Antioksidan

Zenith Virgina Ababiel, Nella Nurmeilasari, Ati Setiasih

Produksi Astaxanthin Dari Mikroalga Haematococcus Pluvialis Menggunakan Ekstraksi CO2 Superkritikal Yang Dimodifikasi

Sandi Fakhrizal Ghani, Santi Sepriani, Tuti Mutia Rasidin

Uji Aktivitas Antidemensia Ekstrak Metanol Daun Serai (Cymbopogon citrates) Pada Mencit Model Vaskular Demensia Dengan Metode Novel Object Recocnition (NOR)

Menurut Fitriyani yang merupakan salah satu anggota tim PKM mengungkapkan kesannya menjadi salah satu anggota tim PKM ”Saya benar-benar mendapat pengalaman baru karena dalam acara ini seluruh jurusan program studi tidak hanya jurusan farmasi saja seperti saya berkuliah seperti biasanya,  saya juga menyadari bahwa ternyata dunia perkuliahan itu semakin asik dengan mengetahui mahasiswa juga memiliki acara seperti ini dan tentu saja banyak ilmu yang bisa dipelajari, terutama bisa belajar cara berpresentasi dan berkomunikasi tentang topik penelitian kita kepada khalayak umum dengan cara terbaik penyampaiannya agar dipahami banyak orang”.

Semoga dengan prestasi STFI yang semakin baik ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi oleh seluruh mahasiswa dan mahasiswinya di ajang bergengsi lainnya. Semangat!

Penulis,

Ati Setiasih

Leave a Comment