Review Kota Bandung dari Sisi Perantau

Kota Bandung atau disebut dengan istilah kota kembang merupakan kota besar yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Konon katanya pada zaman dulu kota ini dinilai sangat cantik dan indah dengan alamnya yang sangat asri sehingga munculah julukan kota Kembang. Nah selain itu menurut saya sebagai perantau dari luar Jawa Barat, kota Bandung ini kaya akan destinasi wisatanya, dari sekian banyak wisata yang terdapat di kota Bandung ada beberapa yang saya tahu diantaranya wisata kawah putih dan tangkuban perahu, yang merupakan tempat wisata pertama yang saya kunjungi, kedua tempat tersebut sungguh luar biasa keindahan alamnya, tidak hanya itu ada beberapa tempat wisata yang kekinian, pokoknya instagramable banget buat kaum milenial yang hobi upload foto di media sosial. Adapun beberapa wisata tersebut adalah Dago Dream Park, Taman Balai Kota, Trans Studio Bandung, Saung Angklung Udjo, The Lodge Maribaya Bandung dan Farmhouse Lembang dan lain-lain. Tempat-tempat tersebut ialah tempat wisata yang jaman now banget, karena banyak spot-spot bagus nan indah yang cocok dijadikan background foto untuk teman-teman yang gemar selfie. Tidak hanya itu, salah satu tempat yang cukup populer dan ramai pengunjung ialah Masjid Agung Bandung, masjid ini selalu ramai dikunjungi tidak hanya oleh warga Bandung tetapi wisatawan luar kota Bandung pun banyak yang berdatangan, karena tempat ini selain menjadi tempat ibadah dapat pula dijadikan sebagai tempat beristirahat yang nyaman.

Selain tempat wisatanya yang bervariasi, kota Bandung juga banyak melahirkan generasi-generasi muda yang berpendidikan, karena dari yang saya lihat banyak sekali perguruan tinggi yang terdapat di kota ini mulai dari yang perguruan tinggi negeri hingga swasta, seperti halnya di kampus tempat saya kuliah yaitu Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia (STFI) yang terletak di kota Bandung tepatnya di Jalan Soekarno Hatta. Mahasiswa/i yang kuliah di STFI pun beraneka ragam asalnya, ada yang berasal dari luar kota Bandung, luar Jawa Barat, luar pulau Jawa hingga dari luar Indonesia. Begitu menariknya kota ini sehingga banyak yang memilihnya sebagai tempat untuk menggapai cita-cita. Meskipun kota Bandung bukan kota kelahiran saya, tapi kota Bandung merupakan kota lahirnya kesuksesan saya.

Dikenal dengan keasrian alamnya ternyata kota ini terdapat sedikit kekurangan yang saya alami selama tinggal disini, ternyata dibeberapa daerah di Bandung sering sekali mengalami banjir ketika musim hujan, sangat disayangkan bukan, kota seindah ini harus dicemari dengan banjir, oleh karena itu kita harus sadar akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Disamping itu kota ini memiliki keunikan yang tidak pernah saya dapatkan di kota kelahiran saya, ialah durasi lampu merah yang cukup lama terlebih di sekitaran Jalan Soekarno Hatta, selain itu angkutan umum di kota ini dicirikan dengan berbagai nomor untuk tiap daerah yang dituju, seperti yang biasa saya naiki ialah angkutan nomor 8 jurusan Leuwi Panjang, tidak hanya angkutan umum transporasi lain yang lebih unik ialah BANDROS atau Bandung Tour On The Bus, salah satu transportasi wisata yang disediakan khusus untuk wisatawan yang ingin berkeliling di kota Bandung. BANDROS ini disajikan dalam bentuk yang unik namun sayangnya, saya belum pernah mencobanya. Intinya meskipun saya bukan asli orang Bandung tapi saya senang tinggal disini karena banyak hal yang saya dapat dari kota ini mulai dari bahasa daerahnya yang kental yaitu Sunda hingga budayanya yang unik dan yang pasti banyak hal saya dapatkan dari tempat saya menempuh pendidikan. Semoga dari review tentang kota Bandung ini dapat dijadikan referensi atau pertimbangan buat teman-teman yang ingin merantau ke kota ini. Semoga bermanfaat. Salam anak rantau!

Penulis,

Maftuhah

Leave a Comment