Indahnya Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang suci dan penuh berkah bagi semua agama islam yang ada di dunia. Pada bulan ini, selama satu bulan penuh, umat islam melaksanakan ibadah puasa. Tidak hanya melaksanakan ibadah puasa, bulan ramadhan juga selalu di warnai dengan pelaksanaan tarawih, tadarus dan bulan ramadhan juga dijadikan sebagai ladang ibadah bagi umat islam untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

Umat islam yang mendambakan pahala yang berlimpah di bulan suci ramadhan, tidak akan menyia-nyiakan kesempatan mendapatkan keutamaan pada malam lailatul qadar. Malam lailatul qadar merupakan malam yang sangat baik dari seribu bulan dan sangat Allah SWT muliakan, segala amalan baik di malam lailatul qadar akan di lipat gandakan. Keistimewaan malam lailatul qadar ditandai pula dengan turunnya malaikat, Turunnya malaikat menandakan turunnya berkah dan rahmat. Saat pasti kapan malam itu datang tidak diketahui, namun menurut beberapa riwayat, malam itu jatuh pada 10 malam terakhir pada bulan ramadhan, tepatnya pada salahsatu malam ganjil yakni malam ke 21,23,25,27,29.

Selain banyak sekali keistimewaan yang dapat kita raih di bulan ramadhan ada juga momen yang paling di rindukan pada saat bulan ramadhan  diantaranya yaitu:

  1. Sahur

Saat bulan ramadhan, pasti kita akan bangun lebih pagi dari biasanya, bukan karena kewajiban menjalankan sahurnya tapi karena momen ini hanya dapat kita jumpai pada saat bulan ramadhan saja. Selain itu sahur pun selalu di ramaikan oleh suara orang-orang mulai dari anak-anak sampai orang dewasa yang memukuli kentongan untuk membangunkan sahur sehingga suasana sahur terasa lebih berwarna.

  1. Buka Bersama Pada bulan ramadhan pasti banyak sekali undangan buka puasa mulai dari teman-teman SD, SMP, SMA Sampai kuliah. Acara buka bersama ini dijadikan sebagai ajang untuk bersilaturahmi bersama teman-teman, bercerita tentang kehidupan mereka setelah lulus, pekerjaan mereka sampai yang sudah berkeluarga. Momen inilah yang paling dirindukan pada saat buka bersama yaitu kebersamaannya.
  2. NgabuburitMomen ini juga adalah momen yang paling ditunggu-tunggu bagi seseorang yang tengah menjalankan ibadah puasa. Biasanya ngabuburit dilakukan bersama teman-teman atau orang terkasih. Momen ini juga di jadikan sebagai sarana untuk berburu menu berbuka.
  3. Acara TV yang bertemakan RamadhanMenjelang ramadhan, hampir seluruh stasiun tv menanyangkan programnya masing-masing yang bertemakan ramadhan baik sebelum menjelang berbuka puasa ataupun pada saat sahur. Selain itu tidak hanya acara televisi saja iklan pun berubah tema menjadi ramadhan. Suasana seperti itulah yang membuat bulan ramadhan menjadi lebih berwarna.
  4. Shalat TerawihShalat terawih menjadi salahsatu hal yang paling di rindukan ketika bulan ramadhan karena jika tidak melaksanakan sholat terawih terasa ada yang kurang dalam melaksanakan bulan ramadhan, selain itu shalat terawih juga bisa dijadikan kesempatan kita untuk menjalin shilaturahmi dengan orang-orang sekitar atau tetangga terdekat.Selain puasa juga menjadi salahsatu hal yang di lakukan pada saat bulan ramadhan, melaksanakan puasa juga banyak sekali manfaatnya terutama untuk kesehatan. Diantaranya yaitu memberikan kesempatan bagi sistem pencernaan untuk beristirahat, membebaskan tubuh dari racun, kotoran yang dapat merusak kesehatan, menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh, meningkatkan imunitas, meningkatkan kadar lemak baik dalam darah dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya dari berpuasa. So jangan lupa berpuasa bagi yang menjalankan. Selamat menunaikan ibadah puasa 1440 Hijriah.

    Penulis,

    Euis Novi Nurmalasari

Leave a Comment