Apa itu mikrobiologi? Kenapa kita harus peduli?

Mikrobiologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang makhluk yang berukuran kecil, yang biasa kita sebut dengan mikroorganisme atau lebih mudahnya disebut dengan mikroba. Mikrobiologi ini dimulai sejak ditemukannya mikroskop.

Mikroba meliputi bakteri, fungi (jamur), protozoa, alga, dan virus.  Uniknya walaupun makhluk ini tergolong kecil namun makhluk inilah yang paling banyak populasinya di muka bumi. Fakta lain yang membuatnya menjadi unik yaitu, mikroba yang menempel di tubuh manusia membuat aroma tubuh manusia berbeda pada tiap individunya. Selain itu, mikroba yang menempel pada tubuh manusia dapat melindungi tubuh dari paparan penyakit. Oh iya… pada gigi juga terdapat mikroba yang dapat membantu mencerna sisa makanan yang menempel di gigi, sehingga setelah makan ada baiknya tidak langsung menggosok gigi karena dapat membunuh bakteri tersebut. Namun, jangan dibiarkan terlalu lama karena bakteri tersebut akan mengeluarkan enzim bersifat asam yang dapat membuat gigi berlubang. Oleh karena itu, disarankan untuk menggosok gigi sehari 2-3 kali yaitu pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Beberapa mikroba dapat menyebabkan penyakit bahkan dapat membunuh manusia, namun jumlahnya tidak lebih banyak dibandingkan mikroba yang menguntungkan. Tapi, mungkin manusialah yang justru banyak membunuh mikroba-mikroba itu. Setiap kali kita memasak makanan, setiap kali memakai sabun antibakteri, dan setiap kali membersihkan ruangan dengan desinfektan, tanpa disadari sengaja ataupun tidak, kita telah membunuh mikroba. Padahal sebenarnya manusia tidak bisa terlepas dari mikroba, contohnya saja pada pembuatan roti yang memerlukan ragi dan pada pembuatan produk-produk susu misalnya keju memerlukan bakteri. Tak hanya itu, mikroba juga turut berperan sebagai pengurai pada rantai makanan. Tidak berhenti di situ saja, dalam bidang kesehatan mikroba memerankan dua peran penting yang perlu kita ketahui yaitu mikroba sebagai penyebab penyakit dan mikroba sebagai penawar atau dengan kata lain sebagai obatnya, contohnya pada penyakit infeksi karena bakteri dapat digunakan penisilin yang berasal dari jamur penicillium sebagai obatnya. Itu lah pentingnya belajar mikrobiologi, kita jadi tahu bahwa tidak semua mikroba merupakan sumber penyakit dan jika kita dapat mengolahnya maka akan sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Penulis,

Avila Garibaldi

Leave a Comment