Restriksi Rasa Malas-mu, Yuk!

Sumber: dreamstime.com

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan sifat ‘Malas’ atau kerap kali disebut ‘Mager’ (males gerak). Rasa malas dapat dialami oleh setiap orang, terutama di kalangan muda. Sifat yang kurang baik ini bisa muncul kapanpun dan di manapun, bahkan bisa mengakibatkan terhambatnya karir, pendidikan, hingga kesehatan. Dengan kata lain, malas adalah pembunuh sukses. Hiiiy, serem!

Mengapa rasa malas itu hadir? Apa penyebabnya? Bagaimana mengatasinya? Salah seorang motivator dunia, Anthony Robbins, berkata bahwa:

“Manusia itu akan bergerak maju (moving forward) dikarenakan oleh 2 hal, yang pertama adalah Gain Pleasure, dan yang kedua adalah Avoid Pain.”

 

  • Gain Pleasure.
    Maksud dari Gain Pleasure adalah manusia akan bergerak maju jika ada sesuatu yang merangsang dia dan menyenangkan dirinya, maka akhirnya dapat membuat dia keluar dari rasa malasnya.

 

  • Avoid Pain.
    Dan yang kedua adalah Avoid Pain, yaitu menghindari rasa sakit, hukuman atau punishment. Hal inilah yang membuat manusia akhirnya terpaksa keluar. Ada kata ‘terpaksa’ disini.

 

Jika Anda mampu mengatasi rasa malas Anda untuk membaca, dalam artikel ini saya akan memberikan segudang tips untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Tentunya, Anda harus membaca keseluruhan artikel, bukan judulnya saja. Ehem…

Mari kita renungkan sejenak, apakah ada hal positif yang kita dapat dari bermalas-malasan? Tidak, tidak ada. Rasa malas itu malah akan membuat Anda menyesal suatu saat nanti. Kalau sudah begitu, barulah Anda akan berkata: “Seandainya…”. Oh no….

Okay, tanpa banyak basa-basi lagi, yuk simak beberapa tips berikut:

  1. Membuat TARGET yang jelas.
    Target adalah suatu pencapaian yang ingin Anda raih. Maka, catatlah semua yang Anda ingin capai. Contohnya, target Anda pada tahun ini adalah ingin membeli sebuah motor baru. Maka, Anda akan berusaha dan bekerja mati-matian untuk dapat memiliki motor. Oleh karena itu, buatlah target yang jelas. Artinya, target yang memiliki kuantitatif (angka) di dalamnya sehingga Anda akan menyampaikan message pada otak Anda. Ketika Anda memiliki target tersebut, Anda akan berusaha keras untuk dapat mencapai GOALS yang Anda harapkan.
  2. MEMAKSAKAN bergerak, walau sulit.
    Ketika Anda sudah memiliki target yang jelas, Anda harus melakukan action agar semua target Anda tercapai. Rasa malas memang akan selalu hadir. Maka, yang harus Anda lakukan adalah “memaksa” tubuh anda untuk bergerak. Awalnya pasti sulit. Tapi, percayalah semua yang tadinya terasa sulit akan terasa lebih ringan setelah dimulai dengan langkah kecil. Anda hanya perlu mencobanya.
  3. Hindari BERBARING sebelum tugas Anda selesai.
    Adakalanya saat sedang mengerjakan tugas, Anda ingin berbaring untuk beristirahat sejenak. Jangan coba-coba berbaring! Terutama jika Anda kesulitan menjaga komitmen. Seperti yang kita tahu, sofa, kasur, atau karpet entah mengapa sepertinya memiliki medan magnet yang kuat, kan? So, jauhi berbaring sebelum tugas Anda selesai.
  4. Harus ada PUNISHMENT.
    Punishment (hukuman)? Yup, Anda memang harus mendapat hukuman jika tidak melaksanakan tugas dengan benar. Jadi, mau tidak mau Anda harus melakukan tugas Anda sebaik mungkin. Dengan adanya punishment Anda akan memaksakan diri untuk melakukan tugas tersebut karena takut mendapat hukuman.
  5. Adanya REWARD.
    Sepertinya Anda pernah mendengar atau mengalami kejadian ini entah itu pada diri sendiri, atau melalui cerita teman Anda. Misalnya dulu papa pernah bilang: “Kalau kamu bisa jadi juara kelas, maka papa akan membelikan kamu laptop”. Dengan adanya reward tersebut, Anda pasti akan bekerja keras untuk mendapatkan sesuatu yang sangat Anda inginkan.
  6. Resep Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alahi Wasallam.
    Adapula beberapa resep dari Rasulullah S.A.W. untuk menghilangkan rasa malas, yaitu:
    a.  Memahami konsep waktu “Jika kamu berada di sore hari jangan tunggu pagi hari dan jika kamu berada di pagi hari jangan tunggu sore hari, gunakanlah waktu sehatmu untuk (persiapan saat) sakitmu dan kehidupanmu untuk kematianmu.” (HR. Imam Bukhari).
    b.   Bersegera dalam melakukan kebaikan.
    c.   Berdo’a kepada Allah SWT.
  7. Tips Tambahan (amalan dari guru saya).
    Perbanyak membaca surat Al-Mulk setelah shalat Maghrib dan perbanyak membaca surat Al-Insyirah (coba lihat arti kedua surat tersebut). Dengan istiqamah melaksanakan hal ini semoga segala urusan Anda dilancarkan oleh-Nya.

 

Sumber: flickr.com

Mungkin itu saja beberapa tips dari berbagai sumber dan pengalaman yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat. Hal yang paling penting adalah Anda harus mempraktekkannya. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda lebih bersemangat kembali membuat target, lebih disiplin, serta lebih taat beribadah kepada-Nya. Mungkin ada beberapa tips dari pembaca yang ampuh untuk menghilangkan rasa malas? Komen dibawah ini ya guys.

 

Sumber :
http://successbefore30.co.id/3-cara-mengatasi-rasa-malas/
https://www.hidayatullah.com/kajian/gaya-hidup-muslim/read/2015/03/31/67593/3-cara-efektif-membuang-rasa-malas.html

 

Penulis,

Sri Nurlatipah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.