Ramadhan di Perantauan? Enjoy Aja!

(sumber: hipwee.com)

Tak terasa bulan penuh cinta ini telah tiba. Ya, bulan Ramadhan adalah bulan penuh cinta. Mengapa? Karena cinta-Nya kepada kita, Tuhan menurunkan banyak berkah-Nya di bulan istimewa ini. Hmm, bukan hanya berkah pahala yang berlipat ganda, tetapi bulan ini juga identik dengan berkah untuk berkumpul bersama keluarga. Lalu, bagaimana  dengan para perantau? Anak kost dong? Yup, jadi anak kost memang terdengar agak menyedihkan (tapi enggak menyedihkan banget sih), apalagi di bulan puasa seperti ini yang harus berbuka puasa dan sahur sendirian. Tenang guys, jadi anak kost di bulan Ramadhan enggak seburuk itu kok. Yuk, liat tips and tricks puasa ala anak kost biar puasamu makin bersemangat.

  1.  Pemanasan

         Hah? Kok pemanasan sih? Emangnya mau olahraga? Maksud pemanasan di sini yaitu pemanasan untuk bangun sahur. Hayoo siapa yang suka susah buat bangun sahur? Bagi kalian nih, anak kost yang jauh dari orang tua dan suka susah bangun sahur, sebaiknya kalian pemanasan dulu, guys. Caranya? Coba deh latihan untuk bangun tidur sekitar jam 3 pagi sebulan sebelum Ramadhan tiba. Eits, tapi jangan cuma bangun, terus tidur lagi dong ya. Sebaiknya, kalian menunaikan ibadah sunnah shalat tahajud dan mengaji. Selain terlatih bangun lebih awal dan dapat pahala, sekalian biar lebih dekat dengan Allah juga. Oke?

  1.   Manfaatkan teman kost

           Kok memanfaatkan orang sih? Kan enggak baik. Bukan memanfaatkan yang enggak baik kok, justru kita memberi peluang pahala untuk mereka, hehe. Enggak ada salahnya kok meminta tolong  untuk dibangunkan sahur sama teman kost.  Selain kalian bisa jadi lebih dekat, sensasinya juga sama seperti dibangunin mama di rumah, ya kan?

  1.  Buka bersama

              Buka bersama enggak perlu mahal atau harus makan di restoran kok. Kalian juga bisa buka bersama dengan teman-teman kost. Dengan bermodalkan buah-buahan, sirup, dan es, misalnya. Kalian bisa membuat menu buka puasa yang sueegeerr. Dengan begini, kebersamaan dengan temen-teman kost lebih terasa menyenangkan dan kalian juga enggak merasa kesepian deh.

  1.   Manfaatkan Waktu

            Ini nih yang paling penting bagi kalian yang menjadi anak kost. Kenapa? Karena biasanya kalau di rumah kalian bisa berkumpul dan bercanda gurau bersama keluarga tersayang, sekarang kalian hanya bisa sendirian di dalam kamar kost. Ssstt, jangan sedih dulu, waktu luang yang kalian punya bisa kok jadi mengasyikkan kalau kalian bisa me-manage-nya dengan baik. Misalnya dengan menonton acara yang kalian suka, atau sekadar menyicil tugas-tugas kuliah yang menumpuk, atau juga kalian bisa memperbanyak amal ibadah dengan cara mengaji. Kalau kalian mengisi waktu luang itu dengan hal-hal yang positif bakalan enggak terasa deh puasanya.

Nah, jadi mulai sekarang kalian enggak usah sedih hidup di perantauan. Hidup jauh dari orang tua itu membuat kalian jadi mandiri loh! Ingat, tidak selamanya kita hidup bersama orangtua kita, ada saatnya kita harus berpisah dengan mereka. And akhir dari hidup kita juga sendiri loh~ hehe

 

Penulis,

Melinda Restu Septivani

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.