PERLUKAH FLU DIOBATI DENGAN ANTIBIOTIK?

merdeka.com

Semua orang pasti pernah mengidap flu, terutama ketika cuaca tidak menentu. Flu diakibatkan oleh infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan. Gejala yang biasa dirasakan penderita misalnya demam, sakit kepala, batuk, pegal, kehilangan nafsu makan, dan sakit tenggorokan. Gejala tersebut bertambah parah selama 2-4 hari, sebelum akhirnya membaik dan sembuh.

Seseorang yang terkena flu akan merasa tidak nyaman, sehingga menyebabkan seseorang berusaha mendapatkan sesuatu yang dapat membuatnya merasa lebih nyaman. Kebanyakan orang berpikir untuk menggunakan antibiotik sebagai pereda flu. Faktanya, antibiotik adalah obat untuk menyembuhkan infeksi bakteri, sedangkan flu disebabkan oleh infeksi virus. Maka, pemberian antibiotik kepada penderita flu tidak akan berpengaruh (tidak memberikan efek).

Penggunaan antibiotik yang tidak perlu dapat membahayakan kesehatan karena menimbulkan resistensi terhadap antibiotik, sehingga saat tubuh terinfeksi bakteri, akan semakin sulit disembuhkan.

Resistensi antibiotik terjadi saat antibiotik yang diberikan berulang, menyebabkan bakteri berevolusi untuk melawan dan mengurangi tingkat efektivitas antibiotik. Artinya, evolusi membuat bakteri dalam tubuh menjadi lebih kuat hingga menjadi tidak mempan (resisten) terhadap antibiotik yang biasa dikonsumsi.

Ketika seseorang terserang infeksi bakteri yang sudah resisten terhadap antibiotik, maka akan sulit disembuhkan, dan membutuhkan jenis antibiotik lain yang lebih kuat untuk melawan infeksi bakteri biasa.

Kembali ke topik awal penyakit flu. Penyebaran flu umumnya melalui bersin dan batuk penderita. Langkah utama pencegahan flu adalah menjaga kebersihan, agar tubuh tetap sehat konsumsi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh, bila sudah tertular langkah pengobatan untuk meringankan gejala flu adalah istirahat yang cukup, banyak minum, serta menjaga tubuh tetap hangat. Apabila gejala flu berlangsung selama seminggu atau semakin parah, hubungi dokter.

Kenapa dokter meresepkan obat ada antibiotiknya ?
Karena flu dapat disertai gejala infeksi bakteri, gejala tersebut disertai radang tenggorokan, mata terasa sakit ketika menunduk saat batuk, dan lendir berwarna hijau hal ini dapat memicu gejala penyakit selain flu. Jadi antibiotik digunakan ketika disertai adanya infeksi bakteri.
Jangan mengonsumsi antibiotik secara sembarangan!

Penulis : Dani Saputra

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.