TIPS PENYEMANGAT MASUK KULIAH

FOTO UTAMA

Kembali semangat setelah liburan semester, yuk intip tipsnya.
Liburan memang sangat menyenangkan apalagi setelah libur panjang, rutinitas kembali ke kampus pun bisa menjadi sulit. Perasaan liburan yang menyenangkan itu sulit dihilangkan sehingga semangat untuk kembali bekerja menjadi turun. Mungkin banyak dari kalian pasti merasakan hal ini setelah liburan, ini adalah masalah yang bisa berdampak buruk jika dibiarkan terlalu lama serta perasaan malas dan keinginan untuk libur lebih lama selalu menghantui. Memang sulit bagi sebagian dari kalian untuk menerima kenyataan bahwa rutinitas di kampus telah menunggu. Sebelum terjebak dalam suasana hati yang buruk pada awal perkuliahan, ini nih tipsnya:

1. Pikirkan hal yang menyenangkan saat di kampus
Memulai perkuliahan pasti terbesit membosankan, hal yang tidak menyenangkan dan susah untuk fokus, namun jika kalian menyukai jurusan perkuliahan, pasti ada sisi yang menyenangkan dari jurusan yang kalian pilih. Agar kalian bisa kembali bersemangat mulai pikirkanlah hal-hal menyenangkan misalnya, kalian bisa pikirkan tentang bertemu dengan teman, lihat gebetan dan bisa saja kalian pencinta lab praktikum. Dengan memikirkan sisi positif dari kuliah kalian, maka akan semakin mudah bagi kalian untuk menumbuhkan semangat kerja yang sedikit memudar.

2. Buat agenda kuliah dan target kuliah
Memiliki kegiatan yang tertata rapi akan membuat kalian lebih bersemangat dalam belajar dan buatlah agenda kuliah yang akan dilakukan mulai dari hari pertama sampai beberapa minggu ke depan. Menentukan target kuliah seperti nilai A untuk mata kuliah dan membuat note target kedepannya untuk meningkatkan ipk. Dengan begitu, secara tidak langsung kalian memikirkan cara untuk menyelesaikan tugas kuliah yang baru dan secara tidak sengaja semangat belajarmu bisa kembali meningkat. Seperti mempunyai jadwal yang jelas, maka memiliki tujuan yang jelas sehingga dapat memacu untuk lebih bersemangat.

3. Bangun dan datang lebih pagi
Setelah beberapa lama bermalas-malasan di rumah, hal tersulit bagi sebagian mahasiswa adalah bangun pagi yang merupakan salah satu dampak malas. Tapi sekarang adalah saatnya kuliah, jadi tinggalkan kebiasaan itu. Caranya adalah memaksakan diri untuk bangun dan datang lebih pagi manfaatnya akan punya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri serta bangun pagi juga dapat meningkatkan mood, jadi saat mood baik maka akan lebih semangat.

4. Mulai bekerja secara perlahan
Setelah liburan pasti ada tugas selama kuliah yang menumpuk dan menunggu untuk diselesaikan. Tenang saja, jangan panik karena ini adalah hal yang normal. Oleh karena itu lakukan saja tugasmu itu dengan perlahan-lahan, jangan terburu-buru untuk menyelesaikannya karena mood dan pikiran masih belum sepenuhnya fokus pada pelajaran yang akan memberikan hasil yang tidak memuaskan. Lebih baik kerjakan sedikit demi sedikit, perlahan dan pasti itu lebih baik.

5. Jangan terbawa teman
Musim liburan memang sangat bisa membuat orang jadi malas. Mungkin teman-temanmu masih bermalas-malasan pasca liburan dan ini bisa mempengaruhi. Tapi jangan biarkan mereka mempengaruhi, melainkan anda yang harus mempengaruhi mereka untuk semangat berkuliah. Ingat pertahankan semangat dan jangan terbawa dengan kemalasan karena kemalasan akan memtuskan masa depan kalian.

6. Langsung fokus bekerja
Hal yang paling utama, tentu saja kembali fokus ke dalam masalah belajar. Lupakan euforia liburan, karena masa tersebut sudah selesai dan harus mengembalikan mood agar bisa bekerja dengan baik. Memang betul liburan sangat berguna untuk mengembalikan semangat belajar yang mungkin sudah mulai padam karena rasa bosan tapi jangan terbawa suasana liburan saat perkuliahan karena akan mengurangi fokus kalian dalam memahami pelajaran.

Ayo tetap semangat, biar cepet wisudaa,, Semangattt

Penulis : Shauli Nur Savitri

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.