Pepaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Bagaimana sih cara memanfaatkan daun pepaya sebagai obat untuk kesehatan dan untuk merawat kecantikan wajah?

Di bawah ini ada tips cara mengolah daun pepaya sebagai obat untuk mencegah penyakit atau masker untuk wajah.

Pertama kita harus mengetahui terlebih dahulu apa sih daun pepaya itu?


Tanaman Pepaya

Pepaya merupakan tanaman buah berupa herba dari famili. Caricaceae yang berasal dari Amerika Tengah dan Hindia Barat. Tanaman pepaya banyak ditanam orang, baik di daeah tropis maupun sub tropis. Di daerah-daerah basah dan kering atau di daerah-daerah dataran dan pegunungan.Biasanya pohon pepaya  tidak bercabang, tingginya 5-10 meter, daunnya menyirip lima dan tangkai yang panjang.

Daerah Penyebaran daun pepaya

Di Indonesia tanaman pepaya tersebar dimana-mana bahkan telah menjadi tanaman perkarangan. Sentra penanaman buah pepaya di Indonesia adalah daerah Jawa barat (kabupaten Sukabumi), Jawa Timur (kabupaten Malang), Pasar Induk Kramat Jati DKI, Yogyakarta (Sleman), Lampung Tengah, Sulawesi Selatan (Toraja),Sulawesi Utara (Manado).

Kenapa sih daun pepaya bisa mencegah berbagai penyakit dan untuk merawat kulit? Berikut penjelasan mengenai kandungan dari daun pepaya

Kandungan Pepaya

Buah pepaya juga mengandung senyawa karpain, alkaloid bercincin laktonat dengan tujuh kelompok rantai metilen. Dengan demikian, tak hanya tumor dan penyakit kulit yang disembuhkan, papain ternyata juga dapat menghambat kinerja beberapa mikroorganisme yang menggangu fungsi pencernaan, sehingga efektif untuk menekan penyebab tifus.atang dan daun pada tumbuhan pepaya mengandung banyak, yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker. Manfaat getah pepaya untuk kesehatan adalah untuk mencegah tumor atau kanker.

Lebih dari 50 asam amino terkandung dalam getah pepaya. Kandungan tersebut bersatu padu menjadi bahan baku industri kosmetik untuk menghaluskan kulit, menguatkan jaringan agar lebih kenyal, dan menjaga gigi dari timbunan plak.

Nah, ini berbagai manfaat daun pepaya…

Manfaat Tanaman Pepaya

Setiap bagian dari tumbuhan pepaya memiliki manfaat tersendiri. Bahkan, getah pepaya yang terdapat di seluruh bagian tanaman, mulai dari buah, daun, batang, sampai akarnya. Berikut ini adalah manfaat buah pepaya:

1.  Sebagai Obat jerawat.

Dengan membuatnya menjadi masker. Masker ini terbuat dari tumbukan daun yang sudah tua yang sebelumnya telah dikeringkan dan diberi 1 ½ sendok air.

2.  Manfaat Memperlancar pencernaan

Daun dari tumbuhan pepaya memiliki kandungan kimia senyawa karpain. Zat itu dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.

3.  Menambah nafsu makan


Manfaat daun pepaya untuk anak-anak yang sulit untuk makan, sari daun pepaya dapat meningkatkan nafsu makan untuk anak-anak.

4.  Nyeri haid

Wanita sering memanfaatkan daun pepaya untuk mengobati nyeri haid. Ramuan dari sari daun pepaya ditambahkan dengan asam jawa dan garam dapat digunakan sebagai obat nyeri haid.

5.  Anti kanker


Manfaat daun pepaya juga dapat mencegah kanker. Bukan hanya daunnya saja melainkan batang pepaya juga dapat digunakan. Karena keduanya memiliki getah putih seperti susu.

Sekian penjelasan dari manfaat buah pepaya.

Penulis : Nisa Hoerunnisa

Sumber:

AAK. 1975. Bertanam Pohon Buah-Buahan. Yogyakarta : Kanisius.

Tohir, Kaslan A. 1978. Bercocok Tanam Pohon Buah-Buahan. Jakarta : Pradnya

Paramita.

Suwarno. Pengaruh Cahaya dan Perlakuan Benih Terhadap Perkecambahan

Benih Pepaya. Dalam Buletin Agricultural Vol. XV No. 3

Suprapti, Lies. 2005. Aneka Olahan Pepaya Mentah. http://www.ristek.go.id. [diakses tanggal 20 Februari 2011]

http://www2.kompas.com/ver1/Kesehatan/0608/16/154236.html

Leave a Comment