Kuliah Farmasi? Intip Tips and Trick Berikut Yuk?!

(Photo by Hadi Nur Rijani)

Kalian anak farmasi? Banyak tugas? Banyak praktikum? Kuliah padat? Tidak ada waktu untuk istirahat, bermain, dan refreshing? Apakah semua hal itu membuat diri kamu menjadi stres? Selalu merasa pusing? Lemah, lelah, letih, lesu, lunglai? Ini dia tips agar kuliah farmasi tidak menjadi beban untuk kalian. Check this out!

  1.     Kerjakan tugas, jangan ditunda-tunda

Hal ini sering dianggap sepele oleh ‘kids jaman now’. Setiap ada tugas “aah ngerjainnya nanti aja, waktu pengumpulannya juga masih lama” hingga saat waktu pengumpulan tiba, kita mengerjakan tugas tersebut dengan sistem deadline. Hal ini yang menjadi pemicu otak kalian untuk berpikir bahwa kuliah adalah beban.

  1.      Hindari waktu terbuang sia-sia

‘Diam-diam stalking mantan’ merupakan hal yang sebenarnya unfaedah. Yang pertama, kalian sudah dipastikan belum bisa move on dan yang kedua waktu kalian akan terbuang percuma. Duh! Daripada waktu kalian terbuang sia-sia, lebih baik kalian gunakan waktu tersebut untuk mencicil tugas atau bahkan untuk istirahat.

  1.     Positive thinking

Hal ini sangat mudah diucapkan namun sulit dilaksanakan. Mengapa? Karena kita terlalu banyak mengeluh. Oke! Satu kalimat untuk kalian “lihatlah ke bawah agar kita selalu bersyukur”. Lihat guys, banyak orang di luar sana yang ingin kuliah, namun tidak mampu. Selain itu, tanamkan pula dalam pikiran kalian “berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian”

  1.      Refreshing

Waah, untuk mahasiswa/i farmasi kata refreshing sepertinya sangat dirindukan ya. Refreshing tidak harus mengeluarkan budget besar untuk pergi ke tempat-tempat wisata guys. Kita juga bisa stay di tempat kost atau di rumah sambil menonton acara yang kita gemari, atau menonton film bersama keluarga atau ‘cemewew’, atau hanya sekedar jalan-jalan keliling kampung untuk menikmati keindahan alam.

  1.     Cintai ilmu farmasi

Yups! Bagi kalian yang masuk jurusan farmasi karena dipaksa oleh orang tua jangan buat hal tersebut menjadi beban pikiranmu. Jadikanlah ilmu farmasi sebagai passion dalam hidupmu. Hayoo… Kapan lagi coba kamu bisa belajar reaksi-reaksi kimia dalam obat kalau bukan di farmasi? Kamu juga bisa mempelajari asal mula obat, loh! Bahkan kamu bisa membuat formulasi baru suatu sediaan yang belum pernah ada di pasaran. Keren banget kan?

So… Ngapain stres terus? Ayo buat resolusi baru. Resolusi yang bikin kamu enjoy kuliah di farmasi. Selama kita masih memiliki tekad dan semangat, tidak ada kata terlambat untuk memulai awal yang baru.

Penulis,

Melinda Restu Septivani

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.