Ada Apa Dengan Kurma?

Kurma. Siapa yang tidak mengenal buah asal Timur Tengah yang identik dengan momentum bulan suci ramadhan ini? Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu sangat familiar dengan buah kurma yang memiliki rasa manis khas serta tekstur daging buahnya yang empuk ini. Namun belum banyak yang mengetahui secara utuh akan manfaat kurma bagi kesehatan tubuh kita.

Tidak cukup sampai di situ, berbuka puasa dengan kurma membantu menghindari makan berlebihan, karena efek rasa kenyang yang ditimbulkannya. Kurma juga baik untuk sahur, saat tubuh mulai menyerap nilai gizi tinggi dari kurma, energi tetap terjaga dan perasaan lapar bisa diminimalisir saat berpuasa.

Kurma (Phoenix dactylifera L) merupakan salah satu tanaman tertua yang dibudidayakan manusia. Tanaman ini banyak tersebar di Timur Tengah dan Afrika Utara. Kurma adalah buah yang cukup terkenal dalam Al-Qur’an sebagaimana Allah SWT menyebutnya sebanyak dua puluh tempat dalam enam belas surat- surat yang berlainan. Buah yang mengandung banyak manfaat dan telah mendapat tempat yang khusus di hati bangsa Arab dan umat Islam.

Menurut sebuah survei medis modern, telah diakui bahwa salah satu manfaat buah kurma yaitu berguna untuk mencegah kanker lambung. Tentu hal ini sangat mengagumkan, bagi umat islam yang berbuka puasa dengan kurma, maka tidak hanya mendapatkan pahala karena mengikuti ajaran sang Rasul, tetapi juga mendapatkan manfaat kesehatan.

Bila ditinjau berdasarkan kandungannya. Buah kurma mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan serat yang tinggi. Selain buah, biji kurma juga mengandung vitamin dan serat dengan persentase yang cukup tinggi. Sehingga buah ini dapat menyembuhkan banyak penyakit diantaranya mencegah struk dan serangan jantung, mempercepat penyembuhan demam berdarah, mencegah pendarahan rahim, menyuplai kebutuhan energi saat berpuasa, melindungi kulit dari infeksi, penangkal racun, penenang saraf dan nutrisi otak, menjaga keasaman lambung, anti penuaan dini, dan sebagai asupan bergizi untuk balita serta masih banyak lagi.

Tidak hanya buah yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan bergizi, bagian tumbuhan lain dari kurma juga bisa dimanfaatkan. Biji kurma dapat diolah menjadi tepung untuk membuat bahan makanan, pakan ternak, menambah cita rasa bubuk kopi, dan sebagai aksesoris. Getah kurma dapat dijadikan pemanis kue. Serat rami kurma ditenun menjadi jenis kain yang kasar. Minyak dari pohon kurma digunakan untuk sabun dan kosmetik. Di Afrika Utara, daun kurma dibuat atap, tikar, keranjang, dan kipas. Batang kurma dijadikan tiang penyangga gubuk, jembatan, dan saluran air.

Meskipun ada segudang manfaat kurma serta nilai gizi yang luar biasa, kita harus memberikan perhatian besar dalam hal menyeleksi buah ini sebelum mengonsumsinya. Oleh karena itu, sebaiknya kita hanya mengonsumsi buah kurma yang diolah dan dikemas dengan benar ya…

Penulis,

Nova Herdiana

Leave a Comment