Bye, Jerawat!

Siapa yang tidak tahu jerawat? Si kecil mungil merah ini merupakan salah satu masalah kulit yang paling ditakuti oleh kalangan remaja sampai dewasa baik pria maupun wanita, right? Jerawat dapat muncul ketika folikel rambut tersumbat oleh campuran sel kulit mati, kotoran, dan sebum (zat yang diproduksi kelenjar minyak yang berfungsi mencegah kekeringan pada kulit). Kemudian, dapat terjadi infeksi bakteri yang menyebabkan peradangan pada daerah sumbatan tersebut. Apa sih penyebabnya?

Masalah jerawat dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti kurangnya perawatan kulit, faktor genetik, kadar minyak berlebih pada kulit, masa pubertas, perubahan hormon, bahkan efek samping dari penggunaan kosmetik. Tidak sedikit kosmetik atau obat penghilang jerawat justru menimbulkan jerawat yang lebih banyak. Solusinya? Yuk, back to nature!

Di sekeliling kita banyak sekali bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai penghilang jerawat, salah satunya adalah seledri Jepang (Ashitaba). Ashitaba ini mengandung senyawa flavonoid yang memiliki aktivitas biologi sebagai antioksidan. Kandungan flavonoid yang berlimpah pada ashitaba inilah yang menyebabkan ashitaba dapat digunakan sebagai bahan alami penghilang jerawat. Bahan alami ini jauh lebih aman digunakan, meskipun prosesnya lebih lama dan penggunaannya harus rutin.

Cara menggunakan ashitaba sebagai penghilang jerawat ini cukup sederhana. Pertama-tama siapkan daun ashitaba segar sebanyak satu genggaman tangan, kemudian cuci terlebih dahulu sampai bersih. Iris daun yang sudah dibersihkan tadi menjadi berukuran kecil. Ambil satu gelas kecil air bersih, kemudian didihkan airnya. Masukanlah potongan daun kedalam air yang telah mendidih dan aduk sampai tercampur rata. Diamkan air daun ashitaba hingga dingin.

Untuk aplikasi pada wajah dan leher, bersihkan wajah dan leher terlebih dahulu, lalu keringkan selanjutnya usapkan air daun ashitaba pada permukaan kulit wajah dan leher secara merata, dan diamkan selama 10 hingga 20 menit agar nutrisi air daun ashitaba bisa meresap kedalam kulit. Setelah mengering, silahkan bilas wajah dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya proses ini dilakukan rutin dua hari sekali.

So, ingin cepat tapi berisiko? Atau lambat tapi aman? Tentukan pilihanmu, guys! Jika ashitaba segar ini sulit ditemukan, tak perlu khawatir. Daun seledri biasa pun dapat menjadi solusi sebagai penghilang jerawat seperti ashitaba ini. Selamat mencoba!

sumber : Sembiring, Bagem Br. dan Feri Manoi. 2011. “Identifikasi Mutu Tanaman Ashitaba”. Jurnal bul. Littro. Vol. 22 no. 2, bogor, hlm. 177 – 185.
http://kesehatan-kulit.info/cara-menghilangkan-jerawat-dengan-daun-seledri/

Penulis : Nina Fitriyana

Leave a Comment