Bangun Sportivitas di Tengah Tekanan Kuliah Kesehatan

Banyak yang bilang bahwa masa kuliah adalah masa yang tepat untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Alangkah baiknya jika ilmu yang sedang kita tekuni saat ini sejalan dengan hobi yang kita miliki. Oooh segala sesuatu akan terasa ringan dan menyenangkan, bukan? Gimana kalo ngga sejalan? Tenang, Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia (STFI) punya solusinya. Khususnya untuk kamu, mahasiswa STFI yang punya ketertarikan tinggi di bidang olahraga. Tepat pada hari Sabtu dan Minggu, 10 dan 11 Maret 2018 yang lalu STFI mengadakan acara Pekan Olahraga Mahasiswa Kesehatan (PORMAKES) yang digelar di dua tempat, yaitu di Lapangan Progresif dan Lapangan Graha Batununggal. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja rutin Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia (SEMAFI) yang bekerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di bidang olahraga. Tahun ini, PORMAKES 2018 diselenggarakan dengan mempertandingkan 2 cabang olahraga, yaitu Badminton dan Futsal.

Pembukaan acara PORMAKES turut dihadiri oleh unit bagian kemahasiswaan STFI, para dosen, dan tamu undangan lainnya. Saat menyampaikan sambutan, Bapak Syarif Hamdani selaku Wakil Ketua III STFI mengungkapkan bahwa acara PORMAKES ini bertujuan untuk menjunjung tinggi sportivitas.

 

Event olahraga tingkat mahasiswa yang diadakan sekali dalam satu tahun ini memperebutkan sepuluh piala yang terdiri dari juara 1 dan juara 2 masing-masing untuk cabang olahraga Futsal, Badminton Tunggal Putra, Badminton Tunggal Putri, Badminton Ganda Putra, dan Badminton Ganda Putri. Pertandingan diikuti dengan antusias yang tinggi oleh para mahasiswa yang berasal dari daerah priangan Jawa Barat. Selain itu, dari 16 perguruan tinggi kesehatan di Jawa Barat, 11 diantaranya turut meramaikan acara ini dengan mendaftarkan para mahasiswanya untuk berpartisipasi dalam pertandingan. Perguruan-perguruan tinggi tersebut adalah ITB, UNPAD, STIKES Unjani, UNJANI, STIKES Dharma Husada Bandung (DHB), BTH Tasik, STIKES Sukabumi, Poltekkes TNI-AU, Unisba, STFB, dan tentunya STFI. Acara berlangsung dengan lancar dan ramai karena kehadiran pendukung untuk setiap cabang olahraga.

Menjunjung tinggi eksistensi STFI, agar nama STFI dapat dikenal khususnya di daerah Jawa Barat,” jelas Gery selaku ketua pelaksana saat ditanya pendapatnya mengenai tema PORMAKES. Salah seorang pemain dari DHB yang bernama Kici, berhasil meraih juara 1 pertandingan Futsal. Ia mengungkapkan antusiasme dalam mengikuti acara ini dan merasa bangga karena dapat meraih juara walaupun mendaftar secara mandiri. Ia juga mengatakan, PORMAKES ini merupakan acara yang bagus dan berjalan dengan lancar. “Acara selanjutnya mungkin harus di follow up lagi dengan kampus lain, makin banyak makin rame dan persaingan makin rame juga,” saran Kici.

Selain sebagai tuan rumah, STFI juga meraih juara 2 pada pertandingan Badminton Tunggal Putri, yaitu oleh Denia yang berasal dari kelas Reguler Pagi B angkatan 2017. Denia yang berasal dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) PBSTFI termasuk pemain yang terbilang muda dan baru mengikuti dua kali pertandingan, namun hebatnya langsung dapat meraih juara 2. Denia juga menyampaikan tanggapannya mengenai acara PORMAKES. “Bagus, jadi kan bisa menampung mahasiswa untuk ngelanjutin hobi seperti Badminton, selain sibuk di kuliah yang kadang bikin pusing itu apalagi farmasi, olahraga kan bisa bikin sehat.”

 

Melalui acara PORMAKES ini, Gery, selaku ketua pelaksana mengungkapkan harapannya agar  dapat menampung talenta mahasiswa untuk menyalurkan bakat-bakat yang dimiliki, memupuk, dan meningkatkan persatuan, kebersamaaan, dan persahabatan antarmahasiswa kesehatan daerah priangan Jawa Barat.

Penulis,

Sri Nurlatipah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.