Berkarya dan Berkreasi dalam Karya Tulis Ilmiah

Tidak seperti hari Minggu biasanya, pada tanggal 11 Maret 2018, Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia (STFI) dipenuhi oleh mahasiswa. Pukul 08.30, mereka sudah berkumpul dan memasuki ruangan 1 dan 2 di Gedung 2 STFI.

Tiga puluh menit kemudian, ruangan itu telah penuh sesak oleh mahasiswa dan juga tamu undangan yang antusias mengikuti seminar Karya Tulis Ilmiah yang diadakan oleh Signa. Seminar berjudul Communicating Your Ideas on Your Paper ini diadakan untuk memancing semangat mahasiswa agar tidak takut menuangkan ide kreatifnya dalam sebuah karya tulis ilmiah sehingga nanti mereka akan terpacu untuk mengikuti lomba karya tulis ilmiah yang sering diadakan. Kebetulan, kemahasiswaan STFI akan mengadakan lomba karya tulis ilmiah, maka dari itu seminar ini sangat membantu mereka yang ingin mengikuti lomba karya tulis ilmiah.

“Dengarkan materinya sebaik mungkin. Serap ilmunya sebanyak mungkin,” pesan Bu Uus, selaku kemahasiswaan STFI.

Pesan itu benar-benar harus diaplikasikan karena materi disampaikan oleh ahlinya. Pak Insanu merupakan dosen dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang luar biasa menginspirasi. Telah banyak karya tulis beliau yang sudah dipublikasikan, baik itu nasional maupun internasional. Materi yang diberikan selama satu jam benar-benar memberikan ilmu yang berharga. Pak Insanu menyemangati mahasiswa STFI untuk tidak takut menulis karya tulis ilmiah serta aktif mengikuti lomba-lomba.

Tips utama yang beliau sampaikan adalah untuk menuangkan ide sesuai dengan kemampuan dan kesukaan kita. Jangan memaksakan menulis apa yang tidak kita kuasai dan istirahatlah kalau sudah penat menyusun karya tulis.

Memang karya tulis ilmiah itu memiliki banyak peraturan, terutama bila mengikuti lomba. Kita harus menyesuaikan karya tulis yang kita susun dengan peraturan yang diberikan oleh penyelenggara lomba. Kalau tidak, wah, jangan harap akan menang. Lulus seleksi pun tidak.

Terlihat bahwa mahasiswa STFI antusias untuk memulai menuangkan ide kreatifnya dalam karya tulis ilmiah. Begitu Pak Insanu membuka sesi tanya jawab, beberapa mahasiswa bersaut-sautan bertanya tentang bagaimana menulis karya ilmiah yang baik.

Setelah pemberian plakat sebagai bentuk terima kasih kepada Pak Insanu, Signa mengadakan ice breaking untuk menutup acara seminar tersebut. Para mahasiswa termasuk panitia pun ikut heboh bermain. Permainan sederhana dengan membangun sedotan setinggi mungkin. Sederhana, namun membahagiakan. Tawa dan canda memenuhi ruangan itu. Hari Minggu tanggal 11 Maret 2018 pukul 11.30, seminar karya tulis ilmiah berjudul Communicating Your Ideas on Your Paper resmi berakhir.

Namun, semangat mahasiswa dalam berkarya tidak seharusnya berakhir di situ. Ingat, tulis apa yang dikuasai dan ikuti aturan yang diberikan. Karyamu tidak hanya sebatas perlombaan. Itu karya yang dihasilkan dari ide, kerja keras, dan keyakinanmu. Ayo, para mahasiswa STFI, semangatlah menuangkan ide kalian dalam karya tulis ilmiah! Jangan takut mengikuti lomba yang diadakan oleh kemahasiswaan STFI atau lomba-lomba lainnya!

 

Penulis,

Joana Tania

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.