Tips and Trik Menghadapi Tugas Akhir

Setiap mahasiswa sudah pasti memiliki cita-cita untuk lulus tepat waktu tentunya. Untuk dapat menyelesaikan dan lulus kuliah, banyak syarat harus dipenuhi oleh seorang mahasiswa, salah satunya adalah dengan menyelesaikan tugas akhir. Di Sekolah Tinggi Farmasi Sendiri (STFI) sendiri, tugas akhir berupa penelitian baik yang dilakukan didalam ruangan laboratorium (lab basah) maupun yang dilakukan diluar laboratorium (lab kering). Hasil penelitian ini nantinya akan dijadikan sebuah skripsi dan dapat dipublikasikan jika memenuhi syarat.

Pada masa-masa penyelesaian tugas akhir ini, biasanya banyak mahasiswa yang memiliki banyak masalah, baik itu stress, rasa lelah yang tiada akhir, sulit berpikir, dan banyak masalah lain yang pada akhirnya dapat berimbas pada tugas akhir itu sendiri.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu mahasiswa untuk dapat menyelesaikan tugas akhir dengan baik. Simak baik-baik ya!

  1. Tentukan pilihanmu

Sebelum mengerjakan tugas akhir, biasanya mahasiswa STFI akan dihadapkan dengan pemilihan kelompok keilmuan yang akan diambil untuk dijadikan tugas akhir. pada tahap ini, pikirkan sebaik mungkin, jangan sampai salah pilih. Pilihanmu akan menentukan kelulusanmu. Pilihlah ilmu yang kamu sukai agar tidak ada perasaan terpaksa nantinya.

Cara menentukan pilihan seperti apa? Caranya adalah dengan mencari referensi, bisa dengan membaca jurnal-jurnal, buku dan sumber lainnya. Kamu juga bisa membaca skripsi-skripsi dari kakak tingkatmu atau bisa juga dengan berdiskusi bersama kakak tingkat yang telah menyelesaikan tugas akhirnya.

  1. Tentukan judul yang baik bagi skripsimu

Setelah menentukan kelompok keilmuan, kemudian tentukanlah judul untuk skripsimu. Buatlah beberapa judul yang kamu anggap menarik lalu kemudian diskusikan dengan dosen pembimbingmu. Pastikan bahwa judul yang kamu tentukan belum pernah dikerjakan, apabila sudah ada yang mengerjakan sebelumnya, kamu harus mengganti atau memodifikasi judulnya ya, jika tidak, maka hal itu akan dianggap sebagai plagiarisme. Apabila kamu telah menemukan judul yang baik atas persetujuan dosen pembimbing, maka mulailah fokus pada judul tersebut.

  1. Buat rancangan untuk tugas akhirmu

Setelah menentukan judul, kemudian buatlah sebuah rencangan pelaksanaan tugas akhir, baik itu rancangan secara umum atau rancangan tetap. Tentukan latar belakang permasalahan dan tujuan, tinjauan pustaka yang mendukung, metodologi yang akan digunakan, hasil apa yang kamu harapkan dari penelitianmu dan biaya yang akan dihabiskan. Selain itu, buat rancangan jadwal pengerjaan tugas akhirmu, agar tidak terbengkalai dan dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Rancangan yang dibuat akan membantumu menyelesaikan tugas akhir dengan baik.

  1. Jangan libatkan masalah pribadi ketika sedang mengerjakan skripsi

Saat mengerjakan tugas akhir, biasanya banyak masalah juga yang dihadapi, baik itu dari masalah tugas akhir itu sendiri maupun masalah pribadi diluar tugas akhir. Nah, saat masalah pribadi terjadi, usahakan agar tidak mengganggu jalannya tugas akhir. Kamu harus mampu bersikap profesional. Susah? Caranya, bangun kembali motivasimu mengerjakan tugas akhir, pikirkan hal baik yang akan kamu dapatkan dengan mengerjakan tugas akhir. Jangan sampai masalah pribadi membuat tugas akhirmu terbengkalai.

  1. Kerjakan skripsi ditempat yang nyaman

Saat kamu jenuh mengerjakan skripsi, maka carilah tempat-tempat yang bisa membuat semangatmu kembali naik, misalnya cafe, perpustakaan, balkon kampus dan tempat lainnya yang membuatmu nyaman. Biasanya tempat yang nyaman bisa membawa kembali semangat yang hilang dan inspirasi untuk menulis skripsi.

  1. Jauhi kata ‘Malas’

Biasanya mahasiswa-mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir sering diserang  rasa malas. Rasa malas ini timbul oleh karena banyak hal, misalnya terjadi kesalahan saat mengerjakan tugas akhir yang mengharuskan untuk mengerjakan hal tersebut dari awal, rasa jenuh mengerjakan tugas akhir, hilang motivasi, banyak tekanan, dan banyak penyebab lainnya. Rasa malas dapat menyebabkan tugas akhirmu terbengkalai atau bahkan kemungkinan terburuknya adalah tidak terselesaikan

  1. Mencari hiburan

Saat ada masalah yang timbul ketika mengerjakan tugas akhir, tidak ada salahnya mencari hiburan. Hiburan dapat menenangkan kembali pikiran yang tegang karena tugas akhir, misalnya liburan, karaoke, main game, dan hiburan lainnya. Akan tetapi dengan catatan kamu tidak boleh terlena dengan hiburan tersebut. Jangan sampai karena keasyikan liburan kamu melupakan tugas akhir.

  1. Sering berdiskusi

Berdiskusi merupakan hal yang penting bagi pelaksana tugas akhir. Berdiskusi dapat membuka pikiranmu menjadi lebih luas, pendapat yang diterima bisa jadi merupakan sebuah jawaban yang kamu cari. Maka dari itu, sering-seringlah berdiskusi baik dengan teman maupun dosen pembimbing.

  1. Sering melakukan pertemuan dengan dosen pembimbing

Jangan takut untuk bertemu dengan dosen pembimbing, karena beliau akan membimbingmu dengan baik. Ceritakan setiap masalah yang kamu hadapi selama proses pengerjaan dan jangan sampai ada yang terlewat ya. Dosen pembimbing akan membantumu menyelesaikan masalah dengan baik dan bijak.

  1. Jangan jiplak, kerjakan skripsimu sendiri

Pastikan kamu mengerjakan skripsimu sendiri ya, jangan jiplak milik orang lain. Kamu bisa mengambil informasi dari jurnal-jurnal, buku, dan referensi lainnya dengan catatan harus mencantumkan sumber yang kamu ambil. Menjiplak adalah hal yang tidak baik untuk dilakukan dan dapat dikenai hukuman berat.

  1. Jangan lupa berdoa

Sebuah perjuangan sebaiknya disertai dengan doa. Mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa akan membantumu terhindar dari masalah-masalah berat selama proses pengerjaan tugas akhir. Selalu memulai dan mengakhiri sesuatu dengan doa agar pekerjaan yang kamu lakukan dapat berjalan dengan lancar dan berguna bagi dirimu sendiri maupun orang lain.

  Sekian beberapa tips and trik dalam menghadapi tugas akhir dari penulis. Semoga bermanfaat! Salam

Penulis

Viktoria Bubu

Leave a Comment