Tips Merawat Kulit

  1. Untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak ditandai dengan kulit yang tampak mengkilap, mempunyai sisik di sekitar hidung, mempunyai pori-pori kulit yang besar, dan sering bermasalah dengan jerawat.

Untuk perwatan kulit berminyak yang sering bermasalah dengan jerawat :

  1. Mencuci muka 3 kali sehari dengan menggunakan pembersih wajah yang khusus ditujukan untuk kulit berminyak, yang dapat mengangkat kelebihan minyak, bahkan minyak yang ada di pori–pori kulit, biasanya ditandai dengan tulisan deep action atau oil free.
  2. Jika Anda sibuk dan tidak sempat mencuci muka disiang hari bisa menggunakan face paper ( kertas minyak).
  3. Untuk mengurangi sebum (minyak) di wajah dapat digunakan juga scrub.
  4. Oleskan gel untuk menangani jerawat.
  • Untuk jerawat yang tidak terlalu parah bisa menggunakan antipimple gel, acne speed clearing gel, sealing gel dll.
  • Untuk jerawat yang parah (ada nanah) bisa menggunakan gel atau solution anti acne yang mengandung antibiotik (clindamycin).

 

  1. Untuk Kulit Kering

Kulit kering ditandai dengan kulit yang kusam dan kasar, kadang bersisik, pecah – pecah dan terasa gatal. Dalam kondisi parah kulit tampak mengelupas.

  1. Mencuci muka 2 kali sehari dengan menggunakan pembersih wajah yang khusus ditujukan untuk kulit kering , biasanya ditandai dengan tulisan gentle wash.
  2. Gunakan scrub untuk mempercepat peluruhan sel–sel kulit mati, agar kulit terlihat lebih cerah, tapi penggunaan scrub tidak boleh setiap hari, hanya dilakukan sekali dalam seminggu.
  3. Menggunakan moisturizer (pelembab) pada siang dan malam hari.
  1. Untuk Kulit Sensitif

Kulit sensitif ditandai dengan adanya pembuluh kapiler yang mudah pecah, sehingga kulit tampak lebih merah, rasa terbakar jika terkena sinar matahari, mudah teriritasi, atu sering mengalami biamg keringat (gatal). Kulit sensitif bermasalah terutama jika terpapar sinar matahari, angin, atau kosmetik (khusunya yang mengandung pewangi atau pewarna). Faktor yang berpengaruh dalam munculnya kulit sensitif adalah kekurangan kandungan air atau lemak di lapisan dermis. Yang dibutuhkan adalah moisturizer tanpa fragrance atau pewarna.

Sumber :

Muhammad, Karimah. 2009. “SKIN CARE from CLEANSING to HAIR REMOVEL”.   Jakarta : Century Healthcare.

Penulis : Lisarah Fauziah

You may also like...