The Power of Kriboku

Pada tanggal 29 juli 2019, kami sebagai mahasiswa semester 7 ditugaskan untuk terjun langsung di masyarakat dalam kegiatan kuliah kerja nyata. KKN yang akan kami laksanakan adalah Kuliah Kerja Nyata Tematik. Kelompok kami yaitu kelompok 3 atau yang kami sebut LOGARITMA (Kelompok Tiga Pelopor Istimewa Tasikmalaya) ditempatkan di desa Salebu, kecamatan Mangunreja, kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Dalam KKN ini kami memiliki banyak program kerja, salah satunya adalah pembuatan produk. Dimana produk ini berbahan dasar tanaman yang mudah diperoleh oleh masyarakat setempat, lalu kemudian akan dikembangkan agar dapat mengembangkan potensi alam di desa tersebut. Produk yang kami usulkan adalah nugget kubis, chips kubis, dan agar-agar dari kacang panjang.

Sebelum memperkenalkan produk ini kepada masyarakat, tentunya kami telah menemukan resep yang tepat. Dari hasil yang kami dapat, kami yakin bahwa produk kami dapat berkembang di desa Salebu. Sejak awal kami meminta izin untuk melakukan demonstrasi produk kepada masyarakat, kepala Desa Salebu menyambut program kami dengan antusias. Kami melakukan demonstrasi sekaligus pelatihan pembuatan produk pada tanggal 8 agustus 2019 di kantor Desa Salebu bersama ibu-ibu PKK Desa Salebu, pemaparan manfaat dari kubis disampaikan oleh dosen pembimbing kami yaitu Bapak Melvi Sundalian, dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan produk pada tanggal 13 agustus 2019 oleh ibu-ibu PKK yang sudah dibekali ilmu pembuatan produk sesuai dengan pemaparan dan demo yang telah dilakukan pada hari sebelumnya. Sejak awal acara hingga akhir, peserta terlihat sangat antusias. Pertanyaan-pertanyaan tentang produk seolah tak ada habisnya. Kami merasa sangat senang karena produk yang telah kami rencanakan nyatanya sangat diterima oleh masyarakat. 

Produk yang dihasilkan oleh ibu-ibu PKK saat pelatihan, nantinya akan dipamerkan dan dijual di acara EXPO tepatnya di lapangan Desa Salebu. EXPO yang dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 17-18 Agustus ini disambut meriah oleh masyarakat setempat. Produk yg telah dibuat terjual habis bahkan banyak masyarakat yaang tidak kebagian lalu ikut dalam pemesanan Pre Order.

Masyarakat terutama para ibu rumah tangga sangat tertarik pada produk kami yang diberi nama GetKiss (Nugget Kubis), Chips Dino (Chips Kubis) dan Agar Kapan (Agar-agar kacang panjang). Kami berharap walaupun kami telah kembali ke Bandung dan menyelesaikan kegiatan KKN ini, produk kami akan terus diproduksi dan menjadi ikon dari Desa Salebu khususnya.

Terima Kasih.

Penulis,

Aulia Rahmah Sylvani (A161071) & Nurul Wakhidah (A161040)

Leave a Comment