Selada (Lactuca sativa L.)

Selada (Lactuca sativa L.)

Tanaman selada (Lactuca sativa L.) termasuk famili compositae dari genus Lactuca. Selada adalah tanaman semusim polimorf (memiliki banyak bentuk), khususnya dalam hal bentuk daunnya. Ada empat jenis selada yang dikenal, yaitu selada telor, selada daun, selada rapuh dan selada batang. Jenis yang banyakdiusahakan didataran rendah adalah selada daun. Selada umumnya dimakan mentah (lalap), dibuat salad atau disajikan dalam berbagai bentuk masakan Eropa maupun Cina. Jarang sekali selada disayur masak, karena rasanya menjadi kurang enak. Selada mengandung gizi cukup tinggi terutama kandungan mineralnya[1].

3

  1. Klasifikasi

Kingdom             : Plantae (Tumbuhan)

Super Divisi         : Spermatophyta (Menghasilkan biji)

Divisi                   : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

Kelas                   : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)

Sub Kelas            : Asteridae

Ordo                    : Asterales

Spesies                 : Lactuca sativa L.

  1. Deskripsi

Daun selada berbentuk bulat panjang, biasanya berposisi duduk (sessile), dan tersusun berbentuk spiral dalam roset padat. Daun selada berwarna hijau segar, tepinya bergerigi atau berombak. Warna daunnya beragam mulai dari hijau muda hingga hijau tua. Daun tak berambut, mulus, berkeriput atau kusut berlipat1.

Bunga selada berwarna kuning, terletak pada rangkaian yang lebat dan tangkai bunganya dapat mencapai ketinggian 90 cm. Bunga ini menghasilkan buah berbentuk polong yang berisi biji. Biji selada berbentuk pipih, berukuran kecil-kecil serta berbulu dan tajam1.

  1. Kandungan Kimia

Daun selada kaya akan antioksidan seperti betakarotin, falat, dan lutein serta mengandung indol yangberkhasiat melindungi tubuh dari serangan kanker. Kandungan serat alaminya dapat menjaga kesehatan organ-organ pencernaan. Keragaman zat kimia yang dikandungnya seperti air, kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fospat, besi, vitamin A dan B1.

Salada mengandung gizi cukup tinggi terutama sumber mineral. Kandungan zat gizi dalam 100 g selada antaralain kalori 15,00 kal, protein 1,20 g, lemak 0,2 g, karbohidrat 2,9 g, Ca 22,00 mg,P 25 mg, Fe 0,5 mg, Vitamin A 540 SI, Vitamin B 0,04 mg, dan air 94,80 g1.

  1. Khasiat

Selada berkhasiat sebagai obat pembersih darah, mengatasi batuk, radang kulit, sulit tidur serta gangguan wasir1.

[1] Sagala, 2010. “Pertumbuhan dan Produksi Selada”. (On-line) tersedia di : http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/25764/4/Chapter%20II.pdf (07 Januari 2015)

Penulis : Lidya Marisca

You may also like...