Say Thankyou!

Terimakasih. Sepele tapi penting!

Seorang kakak di Selandia Baru bahkan tega membunuh adik kandungnya karena tidak mengucapkan kata ”Terimakasih”. Waw! Menyeramkan sekali bukan?

Semakin berkembangnya jaman, kata “Terimakasih” serasa sangat sulit untuk diucapkan. Yup! Ada beberapa hal yang membuat seseorang sangat sungkan mengucapkan “terimakasih”.

  1. Malu atau canggung, perasaan itu muncul jika kita mengucapkan terimakasih pada keluarga, sahabat, pacar atau lainnya yang memiliki hubungan yang sangat dekat,
  2. Gengsi, rasa gengsi atau egois itu lah yang membuat kita sulit mengucapkan kata terimakasih, dan
  3. Takut harus berhutang budi, terkadang enggan mengucapkan terimakasih karena mereka takut harus melakukan hal yang sama pada orang tersebut, padahal pertolongan ataupun bantuan dilakukan secara sukarela tanpa mengharapkan imbalan.

Padahal, ucapan terimakasih memiliki dampak yang positif untuk orang yang mendengarnya ataupun menerimanya, hal ini karena:

  1. Orang yang memberikan pertolongan ataupun bantuan akan merasa dihargai dengan hanya ucapan terimakasih,
  2. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi pada orang lain. Sudah menjadi hakekatnya bahwa manusia itu makhluk sosial bukan?,
  3. Menimbulkan energi yang positif pada orang yang mengucapkan dan menerima ucapan terimakasih, bahkan untuk orang yang menerimanya ia akan terus melakukan bantuan-bantuan lainnya kepada orang lain,
  4. Meningkatkan rasa  kepercayaan diri,
  5. Menimbulkan kesan ramah pada orang yang mengucapkan terimakasih, dan
  6. Mengucapkan terimakasih juga sudah menjadi kewajiban yang Allah SWT berikan sebagai bentuk rasa syukur atas kenikmatan yang telah diberikan-Nya, meskipun itu melalui tangan-tangan orang lain.

Nah, sekarang sudah tahu kan manfaat ucapan terimakasih darimu? Mengucapkan terimakasih juga tidak sembarangan, loh! Ucapkanlah rasa terimakasihmu itu dengan tulus dan dengan bahasa tubuh yang tepat, yaitu dengan menjaga kontak mata secara langsung ketika mengucapkannya, sehingga orang yang menerima ucapan tersebut mengetahui dengan jelas bahwa kamu tulus mengucapkannya. Bagaimana kalau via telpon ataupun sms? Tentunya ketika menelepon ucapkan dengan jelas dan telponlah pada waktu yang tepat, dan jika menggunakan sms gunakanlah kata-kata yang pantas dan jelas serta tanda baca yang sesuai.

So guys!  Ayo, mulai sekarang ucapkanlah kata “terimakasih” ketika mendapatkan bantuan sekecil apapun itu.

Penulis,

Yulianne Mahesa

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.