Pengembangan Metode Pembelajaran Pejuang Tahap 1

Teknologi berperan penting dalam penyampaian informasi yang cepat, mudah, dan efisien, khususnya teknologi internet. Dengan memanfaatkan internet, informasi dapat didapatkan secara cepat, akurat dan mudah sebab dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Selain itu, internet sering dimanfaatkan dalam pencarian informasi mengenai ilmu pengetahuan.

Kemajuan teknologi yang berkembang pesat memberikan banyak perubahan dalam mengakses informasi. Hal ini akan berdampak positif pada pendidikan dalam pembelajaran, dengan kemajuan teknologi semua orang akan mudah mencari tahu hal baru tanpa perlu waktu lama untuk mengetahui perkembangan zaman sekarang.

Tapi proses pembelajaran yang dilaksanakan di STFI masih berdasarkan tatap muka dan belum memanfaatkan teknologi internet sepenuhnya, khususnya penggunaan multimedia dalam hal penyampaian materi perkuliahan. Selain itu, metode pembelajaran berbasis multimedia ini belum banyak dimanfaatkan oleh institusi pendidikan yang ada di Indonesia.

Pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran yang digunakan dapat berupa video tutorial, video pembelajaran dan games edukasi. Dari berberapa penelitian dapat diketahui bahwa dengan penggunaan media yang melibatkan komputer dan smartphone dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, khususnya mahasiswa di Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia. Keuntungan dan manfaat yang didapatkan pada penerapan metode pembelajaran berbasis multimedia inilah yang melatarbelakangi pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan multimedia. Untuk itu perlu dikembangkan sebuah video dan games edukasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang memotivasi mahasiswa agar semangat dalam belajar.

Penulis : Viega Yohanna

Leave a Comment