Pantai Pulang Sawal : Surga Dunia yang Tersembunyi di Yogyakarta

Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan dan keindahan alam yang melimpah dan tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Keindahannya mampu menghipnotis siapapun yang mengunjunginya. Salah satu keindahan yang dimilikinya yaitu pantai. Pantai merupakan bentuk geografis yang memisahkan daratan dengan lautan. Indonesia memiliki banyak pantai, diantaranya yaitu Pantai Pulang Sawal. Pantai ini memang belum sepopuler Pantai Kuta, namun keindahan dan keasriannya tidak kalah.

Pantai Pulang Sawal yang berada di daerah Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung KidulDaerah Istimewa Yogyakarta, menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Hamparan pasir putih dan birunya air laut menjadi pesona yang tidak ada duanya. Alasan mengapa Pantai Pulang sawal belum sepopuler  lainnya, karena tidak tersedia angkutan umum yang dapat mengantar wisatawan sehingga diperlukan angkutan pribadi untuk menuju pantai.

Pada mulanya, pantai ini dikenal dengan nama Pantai Indriyanti. Namun nama tersebut memicu kontroversi karena Indriyanti bukanlah nama pantai, melainkan nama salah satu pemilik cafe dan restoran yang berada tidak jauh dari pantai. Namun akhirnya, Pemerintah Daerah memberi nama Pantai Pulang Sawal.

Pantai Pulang Sawal menyuguhkan suasana khas pantai selatan yang luas dengan air yang jernih dengan pasir putih. Pemandangan terbaik Pantai Pulang Sawal tidak hanya saat matahari menjelang terbenam, tetapi pada pagi hari menawarkan suasana pantai yang sejuk. Bukit-bukit di belakang garis pantai menjadi daya tarik tersendiri dengan deburan ombak.Terdapat pula gunung batu karang yang besar, dengan dilengkapi anak tangga. Di bukit tersebut para wisatawan bisa berfoto dan menikmati pemandangan pantai yang indah dan luas. Harga tiket masuk di Pantai Sawal dipatok sebesar Rp. 10.000 per orangnya.

Pantai Pulang Sawal tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah, bahkan menyediakan penyewaan mobil ATV, jets ski, penginapan, dan terdapat berbagai rumah makan dan kafe untuk bersantai dan menikmati hidangan olahan pantai. Tempat penginapan yang tersedia di Pantai Pulang Sawal menawarkan fasilitas yang cukup memuaskan. Dari tempat penginapan ini kita masih tetap dapat menikmati pemandangan dari Pantai Pulang Sawal, karena penginapan tersebut letaknya menghadap ke arah pantai. Dan jika berkunjung ke Pantai Pulang Sawal jangan lupa untuk mencicipi olahan ikan bakar yang tersedia ditempat makan sekitar pantai, karena selain rasa nya yang enak harga yang ditawarkan pun terjangkau.

Di sepanjang pantai juga terdapat gazebo – gazebo dan payung pantai yang dapat digunakan wisatawan untuk menikmati pemandangan. Biasanya para wisatawan bersantai ditemani oleh minuman es kelapa muda yang sangat menyegarkan.

Pantai Pulang Sawal juga menyediakan boot foto yang dapat digunakan para wisatawan yang berkunjung untuk berfoto di tempat tersebut. Boot foto nya sangat indah, terdapat besi yang membentuk love serta dihiasi oleh bunga-bunga yang sangat cantik dengan kursi didepannya dan terdapat tulisan “Indrayanti Beach. Boot foto tersebut menggunakan pantai sebagai latar belakangnya sehingga diletakan berada tepat  depan pantai.

Adanya keterlibatan pihak swasta dalam pengelolaan Pantai Pulang Sawal rupanya turut membawa dampak positif. Berbeda dengan pantai-pantai lain yang agak kotor, sedangkan sepanjang garis Pantai Pulang Sawal terlihat bersih dan bebas dari sampah. Hal ini dikarenakan pengelola tak segan-segan menjatuhkan denda sebesar Rp. 10.000 untuk tiap sampah yang dibuang oleh wisatawan secara sembarangan. Oleh karena itu, Pantai Pulang Sawal menjadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi.

Penulis

Nurul Hasna 

 

Leave a Comment