Pandangan Salah Satu Anggota MAFARPALA Terhadap STFI

(Narasumber:Rizal Kama Alamyasah)

STFI –Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia. Salah satu universitas swasta farmasi yang tempat nya tepat berada di jln.Sukarno Hatta No.354 402666 Jawa Barat yang sudah memiliki Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPA) dan mendidik mahasiswa sampai jenjang S1. Tetapi tidak semua orang bisa masuk universitas ini karena harus melalui beberapa seleksi diantaranya test tertulis. Dari berbagai calon mahasiswa yang berhasil lolos masuk seleksi dan di nyatakan lulus salah satunya yaitu Rizal Kama Alamsyah. Alasan dia memilih kuliah di STFI karena “pada saat pertama pemilihan kampus saya masih merasa bingung , jalan salah satunya yaitu melakukan survei kebebrapa kampus yang ada di daerah bandung dan STFI lah yang memenuhi kriteria kampus yang ingin saya tuju”. Tutur nya saat di tanya mengenai alasan mengapa memilih kuliah di STFI.

          Lelaki ganteng dan cukup berprestasi di kampus ini dia mengatakn bahwa awal mula nya masuk STFI karena dia menerima masukan dari guru bimbingan semasa di smk ,guru nya tersebut menyaran kan 3 kampus yang cocok untuk di pertimbangkan tetapi pada kenyataan nya dia tetap bersi keras untuk memilih STFI karena pada saat survei kampus yang pertama dia tidak sependapat atau tidak setuju dengan yayasan kampus tersebut di karenakan ada isu yang menyatakan bahwa kampus tersebut tidak jelas dalam menyampaikan rincin biaya , kampus kedua pun sama hal nya tidak sependapat dengan keinginan dia karena biaya kampus tersebut sangat mahal jadi dia tetap memilih STFI sebagai kampus yang di tuju karena sesuai kriteria dan kenyamanan yang dia rasakan.

          Salah satu ketertarikan dia memilih kampus STFI sebagai lanjutan dari jenjang smk karena STFI menjelaskan secara rinci mengenai biaya perkuliahan yang harus di bayarkan, fasilitas yang ada di STFI pun menjadi ketertarikan dia untuk kuliah di STFI di antaranya yaitu gedung nya yang unik dan labolatorium yang lengkap dengan alat-alat kesehatan yang cukup kumplit di bandingkan dengan kampus farmasi di luar sana,dosen tetap yang ada di STFI pun cukup banyak.

          Cara dia untuk mencapai target dengan nilai yang bagus yaitu dengan cara “intinya sih niat dan kemauan dari diri kita sendiri, niat awal kita kuliah harus bener dan tekad nya memang harus bener – bener kuat kalo niat awal nya kuliah emang buat jaga gengsi karena temen-temen smk pada kuliah atau karena pemikiran yang sempit pasti kedepan nya bakaln males dan kerasa cape cumah- cumah. Tapi kalo emang kita udah punya tekad dan prinsip dari awal dengan maind set yang kuat pasti kita bisa untuk mewujud kan apa yang ingin kita capai di setai dengan doa” tutur Rizal saat di tanya mengenai pencapaian nilai yang bagus. Sangat memotivasi ya teman teman bisa di jadikan motivasi atau acuan untuk kita yang baru-baru mulai untuk berjuang biar ga salah langkah dan biaya ga kebuang sia-sia J.

          Dengan dia mempunyai target dia pun mempunyai tips untuk menjadi mahasiswa berprestasi dengan cara jauhkan diri dari rasa malas,harus mempunyai kemauan, harus mempunyai target dan berdo’a. Perstasi ini pun bisa di capai dengan cara sekeratif diri sendiri lohh karena berpertasi itu tidak hanya di dalam akademik saja yaaa.

          Suka duka pun di alami selama menjadi mahasiswa STFI ini, siapa sih yang ga bangga punya kampus yang labolatorium nya komplit jadi terkesan keren sama mahasiswa yang lain hehe dosen di STFI juga mayoritas masih fresh muda-muda dan keren nya dosen di STFI yang sudah cukup berusia mereka bisa menyesuaikan gaul nya dengan mahasiswa STFI jadi pembelajaran yang di berikan dapat tersampaikan dengan baik serta mengerti keinginan para kaum milenial seperti kita. Di balik semua itu pasti ada juga pengalaman duka yang di rasakan oleh para mahasiswa diantara nya ketika pada saat dosen memberikan quiz dadakan seketika itu pun pikiran terpecah dan buyar L dan hal yang lumrah di alami ketika menjadi mahsiswa pasti waktu istirahat tidak bisa full istirahat 8 jam di karena kan memang kondisi yang tidak mamadai yang harus mendorong kita menyelesaikan tanggung jawab sebagai mahsiswa farmasi dengan segudang tugas yang di berikan.

          Diantara banyak nya ukm Rizal ini tertarik pada mafarpala (mahasiswa farmasi pecinta alam) dan jmki ( jaringan mahasiswa kesehatan indonesia) , mengerjakan tugas-tugas yang di berikan dan menyelesaikan jurnal terlebih dahulu sebelum waktu satu hari sebelum nya itu cara dia untuk bisa berfokus saat waktu bagian ukm pikiran pun tenang jika tugas dan jurnal sudah beres sebelum nya.

          Sebagai mahasiswa farmasi pecinta alam  Rizal menilai STFI sudah cukup baik dari segi program kerja mafarpala yang selalu di setujui oleh pihak kampus. Bagi dia ukm mafarlapa sangat menyenangkan karena berbau alam dan kita lebih mensyukuri keindahan alam yang sangat luarbiasa indah nya  yang di berikan sang pencipta ,lebih mendisiplinkan kita terhadap lingkungan agar lingkungan tetap terjaga dan cara memanfaatkan sumber daya alam di sekitar ,disini tidak ada senioritas seperti yang di bayangkan para mahsiswa lain nya kaka tingkat nya pun bisa terbilang gokil :v. Tetapi berbeda hal nya pada saat di lakukan pelantikan, tidak ada waktu untuk mandi jadi selama satu minggu itu membuat dia tidak nyaman.

          Ada pun saran dan pesan sebagai salah satu anggota mafarpala “ dari segi program kerja, biasanya pihak kampus mengingin kan feedback dari setiap ukm yang ada untuk mengharumkan nama kampus, jadi bukan mahasiswa saja yang mengusulkan ya, jika kampus mengusulkan, jika bisa di laksanakan kenapa tidak kan untuk kebaikan kampus juga” tutur Rizal mengenai pesan dan kesan sebagai salah satu anggota mafarpala.

          Banyak banget yaa hal-hal dan pelajaran yang bisa kita ambil dari seorang Rizal untuk menajalani kewajiban sebagai mahasiswa , buat calon mahasiswa atau adik tikat bisa di jadiakan bahan acuan kalian agar bisa membagi waktu dan hal apa saja yang bisa kalian lakukan untuk menjadi lebih baik lagi.

Penulis

Citra Komalasari

Leave a Comment