New Experience in the STFI Choir

Senin (31/07/18), PSM STFI (Paduan Suara Mahasiswa Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia) mengikuti cabang lomba seni vokal grup dalam acara Medication 2018 yang diselenggarakan oleh mahasiswa fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran (UNPAD). Perlombaan ini dibuka untuk mahasiswa rumpun ilmu kesehatan (Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Gizi, dan Fakultas Psikologi) untuk jenjang D3, D4, S1, atau sederajat dari seluruh Universitas se-Jawa dan Bali.

Perlombaan terbagi menjadi dua kegiatan, yaitu babak audisi dan babak final. Pada babak audisi, vokal grup PSM STFI menampilkan satu buah lagu yang dibuat dalam sebuah video, lagu yang dinyanyikan bergenre pop Indonesia yang berjudul “Dengan Caraku” yang dipopulerkan oleh Bisia Jodie ft. Arsy Widianto. Video yang dibuat kemudian di-upload melalui akun youtube. Pada tahap ini vokal grup PSM STFI dinyatakan lolos dan berhak untuk mengikuti babak selanjutnya. Kabar lolosnya audisi ini membuat PSM STFI sangat excited, karena hal ini menjadi sebuah tantangan baru untuk bekerja lebih keras lagi di babak final.

Di babak final, vokal grup yang lolos diberi kesempatan menampilkan dua buah lagu, yaitu lagu wajib dan lagu pilihan. Vokal grup PSM STFI sendiri menyanyikan lagu “Gundul-Gundul Pacul” sebagai lagu wajib dan “Laskar Pelangi” yang dipopulerkan oleh Nidji sebagai lagu pilihan. Babak final ini dilaksanakan di kampus UNPAD Jatinangor dengan jumlah peserta enam grup vokal yang terdiri dari berbagai universitas, diantaranya Universitas Jendral Ahmad Yani (UNJANI), Universitas Airlangga (UNAIR), STFI, Sekolah Tinggi Farmasi Bandung (STFB), Universitas Bandung (UNISBA), dan UNPAD. Babak ini merupakan penentuan juara satu grup vokal dan juara ter-favorit dengan like terbanyak.

Banyak hal yang didapat dari perlombaan yang diikuti ini, selain menambah pengalaman, teman, pengetahuan dan wawasan tentang vokal dan musik, juga dapat memperkenalkan kampus STFI ke masyarakat luas. Walaupun kejuaraan tidak berpihak pada vokal grup PSM STFI, setidaknya vokal grup PSM STFI sudah menampilkan yang terbaik. Semoga untuk kedepannya PSM STFI  menjadi lebih baik lagi, mampu mencetak kejuaraan disetiap kegiatan perlombaan sehingga dapat mengharumkan nama baik almamater Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia.

Penulis,

Ila Novianti

Leave a Comment