Megah Terang Diatas Mega Gunung Puntang

Mega adalah Puncak Gunung Puntang dengan ketinggian 2223 Mdpl yang berada di Bandung Selatan tepatnya di Desa/Kec. Cimaung Kab. Bandung. Mendengar nama puncaknya saja sudah dapat kita bayangkan apa yang ada diatas sana.

Tapi untuk melihat seberapa indahnya mega, kita harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, menegangkan, bahkan mungkin mencekam. Menurutku,  Gunung Puntang adalah salah satu gunung yang masih pekat dengan aroma mistis, karena konon katanya Gunung Puntang dulunya adalah patilasan leluhur kita yaitu Prabu Siliwangi.

Perjalanan menuju Mega dimulai dari desa Cimaung dengan menggunakan motor atau kendaraan umum, sepanjang jalan menuju pos pendaftaran kita disuguhkan oleh pemandangan sawah yang panjangdanjalanan yang berkelok.

puntang 1

Sesampainya di pos pendaftaran sebenarnya ada dua pilihan, pertama melalui jalur Wana Wisata Gunung Puntang atau yang kedua melalui jalur PGPI (Persatuan Gunung Puntang Indonesia). Saya memilih jalur PGPI untuk menuju puncak Mega, pertama kita harus melalui perkebunan warga jalurnya sangat jelas dan agak menanjak. Kira-kira setelah 2,5 jam perjalanan kita akan menemukan pos satu yaitu bangunan 4.

Setelah istirahat kirakira 15 menit , perjalanan dilanjutkan, kita akan melewati Batu Kaca yaitu batu besar di tengah trek. Lanjut perjalanan kita dihadapkan oleh jalan setapak untuk menuju pos bangunan 2.

puntang 2

Pos bangunan 2 yang dilewati setalah puncak bayangan, setalah pos 2 bangunan kita harus ekstra hati-hati karena akan dihadapkan oleh trek yang sangan sulit, licin, sempit dan tekstur tanah yang gembur.

Setelah kira-kira setengah jam perjalanan, kita akan menemukan pos 1, pos terakhir yang cocok untuk kita bermalam karena tempatnya lumayan luas. Jarak pos 1 ke Puncak Mega dapat ditempuh kira-kira 10 menit. Menurutku, Puncak Mega adalah puncak terindah yang ada di Bandung karena kita disajikan oleh city light pada malam hari dan golden sunrise saat paginya.

penulis : Septa Rani Pajrin

You may also like...