Kunjungan Mahasiswa Poltekes Prodi Farmasi Nangroe Aceh Darussalam

Selasa, 3 Februari 2015­­­ sekitar 38 mahasiswa dan pembimbing dari Poltekes Kemenkes RI Prodi Farmasi Nangroe Aceh Darussalam tiba di kampus Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia (STFI) untuk melakukan studi banding. Acara ini dihadiri Oleh Dra. Dharmawaty, Deby Tristiyanti, M.Farm, Apt, Yefi Ardyanti, S.E, dan Syarif Hamdani, M.Si.

k2

Acara ini meliputi pemaparan mengenai STFI baik dari segi administrasi, fasilitas, dosen dan staff, mahasiswa, kegiatan internal dan eksternal yang telah dilakukan, hingga alumni yang telah tersebar di berbagai instansi farmasi di Indonesia. Setelah pemaparan, peserta pun diajak untuk melihat beberapa fasilitas seperti perpustakaan dan laboratorium yang terdapat di 2 gedung STFI, seperti laboratorium instrumen, farmasetika, farmakologi, mikrobiologi, kimia, dan bahan alam.

k33

k44

Beberapa pertanyaan datang dari peserta yang antusias, seperti persyaratan untuk melanjutkan studi S1 di STFI. Menurut Syarif Hamdani, M.Si, STFI Sebagai perguruan tinggi yang menjunjung tinggi arti pendidikan tengah melaksanakan pelayanan pendidikan untuk mahasiswa regular pagi, regular sore, dan konversi yang terdiri dari mahasiswa D3 Farmasi yang melanjutkan studi S1 nya. Persyaratan khusus untuk calon mahasiswa konversi adalah melampirkan silabus kurikulum yang sebelumnya telah diikuti sewaktu mengikuti studi D3. Saat ini mahasiswa konversi STFI berasal dari beberapa perguruan tinggi di Bandung, Yogyakarta, Bengkulu, Kalimantan, Flores, dan Malaysia.

“Studi banding ini bermanfaat, membuat saya mengenal beberapa instrumen yang tidak ada di kampus saya” ucap Sulis, salah satu peserta studi banding. Hal ini pula yang memotivasi pembimbingnya untuk menjadikan fasilitas STFI khususnya peralatan laboratorium sebagai referensi untuk peningkatan fasilitas di Poltekesnya.

k11

menurut Deby Tristiyanti, M.Farm, Apt selain menunjang pendidikan dan penelitian oleh internal kampus, STFI melalui staff P3M juga memberikan kesempatan untuk pihak eksternal seperti masyarakat dan perguruan tinggi yang lain untuk melakukan penelitian di dalam kampus, hal inilah yang menjadi salah satu unggulan dari STFI. Acara ini berlangsung khidmat dan diakhiri dengan do’a bersama, pemberian kenang-kenangan, dan foto bersama. Semoga kerjasama ini selalu berjalan baik dan meningkatkan minat peserta untuk melanjutkan studi S1 di kampus STFI.

Penulis : Muthia Ulfah

You may also like...