Kubis (Brassica oleracea var. Capitata L.)

Kubis adalah salah satu sayuran dari keluarga cruciferae (brassicaceae) yang dapat menjadi pilihan makanan yang baik karena memberikan serat dan vitamin dasar namun rendah kalori. Sayuran ini lazim ditanam di Indonesia seperti keluarga cruciferae yang lain seperti kubis bunga, kubis tunas, brokoli, sawi, dll.

Kubis mempunyai nama daerah kol, kobis, kubis telur, kubis krop dan nama asingnya yaitu cabbage. Sedangkan nama simplisia dari kubis adalah Brassicae capitatae folium (daun kubis) karena yang dimanfaatkan sebagai obat adalah bagian daunnya (Kusumaningrum, 2013).

11

  1. Klasifikasi

Kingdom             : Plantae (Tumbuhan)

Subkingdom        : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)

Super Divisi         : Spermatophyta (Menghasilkan biji)

Divisi                   : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

Kelas                   : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)

Sub Kelas            : Dilleniidae

Ordo                    : Capparales

Famili                  : Brassicaceae (suku sawi-sawian)

Genus                  : Brassica

Spesies                 :Brassica oleracea var. capitata L.[1]

  1. Deskripsi

Kubis memiliki tangkai daun agak panjang dan helai daun berlekuk – lekukpanjang. Tangkai bunga brokoli lebih panjang dan lebih besar dibandingkan dengan kubis bunga. Massa bunga brokoli tersusun secara kompak membentuk bulatan berwarna hijau tua, hijau kebiru-biruan, kuning atau putih dengan diameter antara 15-20 cm atau lebih (Kusumaningrum, 2013).

  1. Kandungan Kimia

Kubis mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor,besi, natrium, kalium, vitamin (A, C, E, tiamin, riboflavin, nicotinamide), flavonoid, glutamin, sulphoraphane, glukosinolat, kalsium, dan beta karoten. Kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan betakaroten. (Kusumaningrum, 2013)

  1. Khasiat

Betakaroten dalam kubis berkhasiat sebagai antioksidan, dan kandungan vitamin C yang tinggi dalam kubis juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi (Kusumaningrum, 2013).

Sumber : Kusumaningrum, 2013. “Pengaruh Pemberian Jus Kubis (Brassica Oleracea Var. Capitata L.) Dosis Bertingkat Terhadap Gambaran Makroskopis Dan Mikroskopis Gaster Tikus Wistar Jantan Yang Diinduksi Kuning Telur Ayam. ”Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang.

[1] Plantamor,2012. “Informasi Spesies”. (On-line) tersedia di : http://www.plantamor.com/index.php?plant=223 (07 Juni 2015)

Penulis : Lidya Marizca

You may also like...