KACA MATA, MATA EMPAT PALING KRUSIAL

Semakin hari, tanpa kita sadari, semakin banyak manusia yang menggunakan benda ini. Benda yang paling penting menurut saya pribadi sebagai pengguna benda ini sejak lama. Benda yang harus selalu digunakan untuk menghindari mata memicing sepanjang hari. Yups, kacamata. Lebih tepatnya kacamata minus atau plus. Intinya untuk mata yang bermasalah.

Rasanya melelahkan sekali mendapati ada benda yang mengganjal di hidung seseorang, melelahkan sekali mengingat bahwa tanpa kacamata sama saja dengan melihat dunia yang penuh kabut. Buram dan tak jelas. Mungkin bila minus atau plusnya kecil tidak akan terlalu bermasalah, namun bila angkanya sudah melebihi 1? Jangan harap bisa menonton TV dengan jarak normal tanpa kacamata. Tapi apa boleh buat, beberapa dari kita sangat memerlukan alat ini.

Mungkin beberapa tahun ke depan, penjualan kacamata akan meningkat drastis. Tak bisa dipungkiri, hal ini berkaitan dengan meningkatnya kecanggihan teknologi. Zaman dulu, murid SD (Sekolah Dasar) tidak ada yang mengerjakan tugas dengan komputer. Tapi, beberapa tahun ke depan akan ada saatnya tugas murid SD adalah membuat makalah. Hal ini juga tak dapat dihindari, sebab dunia akan terus berkembang, manusia pun harus ikut berkembang jika tidak mau tertinggal.

Untuk menghindari banyaknya penggunaan kacamata sedari kecil, ada beberapa saran yang dapat dilakukan. Pertama, alangkah lebih baik untuk mengonsumsi makanan sehat penuh vitamin, terutama vitamin untuk mata (seperti vitamin A).

Kedua, jangan memaksakan apabila mata lelah, lebih baik diistirahatkan. Ketiga, jangan membaca di tempat gelap dan posisi tidur atau dekat. Saran yang klasik memang, namun saya menyesal tidak melakukannya dari dulu. Sekarang saya tersiksa dengan pikiran minus kacamata akan bertambah nanti, karena saya harus banyak menatap layar laptop untuk menyelesaikan tugas.

Saya harap bila teman-teman masih memiliki mata normal, jaga mata tersebut baik-baik. Jangan sampai menyesal karena terpaksa harus menggunakan kacamata. Bila yang sudah berkaca mata, apa boleh buat, pertahankan minus kacamata kita tidak meningkat. Ingat, jangan sampai menyesal!

Penulis : Joana Tania

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.