Jantung Buatan Menggunakan 10 Miliar Stem Cell

Jantung Buatan Menggunakan 10 Miliar Stem Cell

Fitri Febrianti (RPS / A 162 016)

Jantung merupakan salah satu organ vital yang sangat penting bagi tubuh manusia, maka sebisa mungkin harus di jaga dengan baik agar seluruh organ dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik. Tidak banyak orang mengetahui bahwa penyakit jantung ini dapat menyerang siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Bukan karena faktor genetik atau keturunan saja. Penyakit jantung ini biasa disebut dengan “Silent killer” karena tidak tahu kapan terkena penyakit jantung, gejala yang tidak dirasakan secara langsung hingga dapat berakibat fatal bagi tubuh manusia.

Para peneliti dari Massachusetts General Hospital dan Harvard Medical School telah mempublikasikan temuan mutakhir dari jurnal “ Circulation Reserch” tentang pencapaian pembuatan jantung baru bagi penderita penyakit jantung atau kerusakan jantung menggunakan sel dari kulit orang dewasa untuk menjadi salah satu jaringan baru pada pembuatan jantung baru. Jantung buatan ini digunakan bagi penderita yang mengalami kerusakan jantung dengan menggunakan sel punca (Stem cell) dari penderita gagal jantung atau bisa juga menggunakan sel punca dari keluarga terdekat dimana proses awal dilakukan pengujian bahwa sel tersebut cocok dengan pasien, sehingga tidak menimbulkan efek yang tidak diinginkan bagi penerima donor sel.

Para peneliti mengambil beberapa sel jaringan dari pendonor jantung yang tidak layak untuk dilakukan transplantasi. Dari sel jaringan tersebut diambil sel kulit orang dewasa dengan mengggunakan teknik terbaru melibatkan RNA yang membawa kode-kode jaringan, mengubahnya menjadi pluripotens stem sel. Stem sel dapat digunakan untuk membuat organ manusia selain jantung buatan, tetapi dapat digunakan untuk membuat organ tubuh lainnya. Sel jaringan yang telah diambil dibuat menjadi dua jenis sel kardio yang berbeda (sel pembuluh).

Selanjutnya para peneliti sudah bisa memperkirakan kerangka tumbuhnya sel baru, sehingga stem sel dimasukkan kedalam jaringan organ jantung pendonor. Proses tersebut dilakukan selama dua minggu hingga jaringan jantung tersebut mulai terlihat seperti jantung yang belum dewasa, peneliti memberi kejutan menggunakan setrum listrik sehingga jantung buatan tersebut dapat berdenyut selayaknya jantung manusia.

Tetapi pada pembuatan jantung baru ini sangat sulit dilakukan karena untuk membuat satu organ jantung baru dibutuhkan 10 miliar stem sell.

Pada teknologi modern yang akan datang para peneliti dapat menciptakan sebuah alat modern yang dapat mengubah stem sel jaringan menjadi organ manusia yang sempurna sesuai dengan jaringan lengkap yang terstruktur sehingga dapat menggantikan jantung yang sebelumnya mengalami kerusakan.

Leave a Comment