INDONESIA CAREER CENTER SUMMIT 2016

“Peningkatan Kualitas SDM Indonesia di Era MEA melalui Penguatan Peran Pusat Karir”

 

BANDUNG – 3 – 4 Mei 2016, dilaksanakannya Indonesia Career Center Summit di Aula Timur ITB. Sebelum dilaksanakan rangkaian Indonesia Career Center Summit telah dilaksanakan Pra Career Center Summit di beberapa Universitas, seperti ITB Bandung pada 12 Desember 2015; ITS Surabaya pada 14 Januari 2016; IPB Bogor pada 21 Januari 2016; UGM 26 – 27 Februari 2016; dan Audiensi dengan Kemristek Dikti di Semarang pada 14 Maret 2016.

Summit yang diadakan untuk pertama kali pada ini merupakan pertemuan pusat-pusat karir yang dihadiri oleh setidaknya 500 pusat karir dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Pada Summit ini, mengangkat tema “Peningkatan Kualitas SDM Indonesia di Era MEA melalui Penguatan Peran Pusat Karir”. Acara ini disponsori oleh RISTEKDIKTI, Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia, KADIN Indonesia, PARAGON, Mandiri, Kalla Group dan SCG.

Pada hari Selasa, 3 Mei 2016 acara yang dilaksakan berupa talkshow, seminar dan diskusi. Dalam sambutannya Dr. Eng. Bambang Setia Budi,S.T, M.T., mengangkat mengenai pentingnya peningkatan kualitas SDM Indonesia khususnya dalam memasuki era MEA. Sementara itu, Prof. Kadarsyah Suryadi berpesan agar perguruan tinggi dan industri harus dapat sejalan dalam upaya mencetak anak-anak bangsa yang tangguh dalam menghadapi tantangan dan persaingan. Hal yang tidak jauh berbeda pun disampaikan oleh Direktur Kemahasiswaan Kementerian Ristekdikti, Prof. Didin Wahyudin, dimana beliau mengharapkan lulusan-lulusan perguruan tinggi mampu menjadi pelaku-pelaku dalam mengembangkan segala potensi Indonesia, bukan hanya menjadi penonton.

Sesi talkshow dipandu oleh Dr. Ayi Hidayat, S.E., M.Ba. (Career Center & Entrepreneurship Dev. Universitas Lampung), dengan narasumber mantan CEO Schlumberger Indonesia, Ahmad Juniarto. Dalam presentasinya yang diberi judul “Indonesia untuk Dunia”, beliau memaparkan mengenai apakah yang dihadapi oleh lulusan-lulusan perguruan tinggi di dunia kerja, sesuai dengan pengalaman yang beliau alami secara pribadi. Beliau mengawali karirnya di Schlumberger Indonesia sebagai field engineer. Beliau juga adalah Founder dari Biru Peduli Foundation. Berdasarkan pemaparan beliau, banyak hal-hal yang tidak bisa kita dapatkan dari kurikulum perguruan tinggi, yaitu quality universal.

Beliau juga mengungkapkan bahwa banyak yang beranggapan bahwa dimensi budaya dan kinerja seringkali dijadikan kendala dalam menghadapi tantangan dan persaingan global. Namun menurut beliau, anak-anak bangsa harus mampu membalik apa yang dikatakan kekurang oleh dunia menjadi potensi yang mampu digunakan memimpin secara global. Kompetensi-kompetensi yang perlu dikembangankan, diantaranya: kemampuan adaptasi, komunikasi, menyelesaikan masalah, kolaborasi multi-disiplin, leadership, berpikir kritis, kemampuan mensintesa, dan kecenderungan ingin tahu dan mencoba. Sebelum mengakhiri sesi talkshow beliau menyampaikan harapannya, yaitu, transformasi career center menjadi center for leadership and development.

Sesi seminar panel dibagi dalam dua waktu yang berbeda. Pembicara dalam sesi seminar ini berasal dari perwakilan perusahaan sponsor. Para pembicara memaparkan sekilas mengenai perusahaan mereka dan ruang lingkup kerja, tantangan, serta peluang kerja.

Selain serangkaian acara pada Selasa, 3 Mei 2016 yang berpusat di Aula Barat ITB Bandung, rangkaian acara hari kedua dilaksanakan pada hari Rabu, 4 Mei 2016. Pada Summit ini dibentuk 6 working group yang merupakan rangkuman dari kelompok-kelompok layanan-layanan pusat karir Indonesia saat ini, seperti: Career Service, Career Fair Event, IT Management & Social Media, Enterpreneurship, Career Councelling & Training, serta Tracer Study.

Dalam working group, setiap peserta berbagi pengetahuan dan pengalaman mengelola layanan-layanan pusat karir, dan bersama-sama berupaya mencari solusi berbagai persoalan karir di perguruan tinggi masing-masing. Dalam acara ini diharapkan adanya upaya kerjasama dan saling menguatkan untuk masa depan SDM Indonesia yang lebih baik dan berkualitas.

20160520

Pernyataan Indonesia Career Center Summit 2016 oleh Presiden ICCN, Dr. Bambang Setiabudi

20160520-2

Sambutan Rektor ITB, Prof. Kadarsyah Suryadi, Sekaligus membuka rangkaian Indonesia Career Center Summit 2016

20160520-3

Keynote speech I oleh Direktur Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Prof. Didin Wahidin

20160520-4

Keynote speech II oleh mantan CEO Schlumberger 2014, Ahmad Yuniarto

20160520-5

Ahmad Yuniarto dalam sesi talkshow Indonesia Career Center Summit 2016

20160520-6

Keynote speech III oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan, Dr. Sugiarto Sumas

20160520-7

Seminar Panel untuk menggali seberapa penting peran pusat karir di mata perusahaan, dengan pembicara perwakilan KADIN, Senior VP Bank Mandiri, Dirut Paragon dan Manajer HRD Kalla Group

Penulis : Efrida Juliana Harianja

Sumber dokumentasi : https://m.facebook.com/Indonesia-Career-Center-Network

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.