Grojogan Sewu

     grojogan

Grojogan Sewu merupakan salah satu air terjun yang berada di Jawa Tengah, yang terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun ini terletak di lereng Gunung Lawu. Air terjun Grojogan Sewu merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu. Grojogan Sewu atau bisa disebut juga dengan air terjun seribu. Meski air terjun di sini tidak berjumlah seribu, tetapi ada beberapa titik air terjun yang dapat di nikmati di sini. Kata Sewu atau seribu berasal dari seribu pecak, atau satuan jarak yang di gunakan saat itu yang merupakan tinggi air terjun. Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa. Air terjun tertinggi yang ada tingginya sekitar 80 meter. Ada pula air terjun yang tidak terlalu tinggi tetapi pancurannya meluas dan membentuk cabang-cabang. Bila sedang musim hujan, sekeliling tebing akan di hujani air terjun, tetapi saat musim panas, banyak air terjun yang kering.

 grojogan 1

Walaupun air terjun ini berada di garis ekuator dengan suhu udara yang panas dan lembab, dengan banyak pegunungan yang menawarkan kesejukan dan keindahannya dapat menenangkan hati. Meskipun terletak di lereng gunung, kawasan wisata ini termasuk salah satu yang paling mudah untuk di kunjungi dan waktu tempuh yang singkat dari kota Solo (terminal Solo). Untuk dapat menuju tempat wisat ini kita dapat menggunakan transportasi umum seperti bus yang dapat mengantarkan wisatawan ke tempat wisata ini.

grojogan 2

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan beroda empat seperti bus, harus berjalan terlebih dahulu ± 500 meter dari jalan raya untuk mencapai pintu masuk area wisata Grojokan Sewu (Tawangmangu), terkecuali untuk pengendara motor/mobil pribadi, dikarenakan jalan menuju tempat wisata air terjun ini tidak dapat di lewati oleh bus. Sebelum memasukin tempat wisata Tawangmanggu wisatawan dapat memasuki antar pintu masuk 1 dan pintu masuk 2, perbedaan antar pintu masuk 1 dan pintu masuk 2 yaitu pintu masuk 1 terletak diatas puncak lereng gunung Lawu, sedangkan pada pintu masuk 2 berada di bawah lereng gunung Lawu sehingga lebih dekat untuk menuju lokasi Grojogan Sewu. Untuk dapat memasuki kawassan tempat wisata ini cukup dengan membayar seharga Rp 11.000,-/orang diatas umur 9 tahun.

grojogan 6

grojogan 3

Jika sahabat masuk melalui pintu 1, maka dapat menyaksikan dan bertemu langsung dengan monyet-monyet yang di lestarikan di sana, sahabatpun diberikan kesempatan untuk dapat memberikan makanan kepada monyet-monyet tersebut, seperti kacang- kacangan.

grojogan 4

Sedangkan apabila sahabat masuk melewati pintu masuk 2, sahabat akan lebih cepat menuju tempat air terjun dengan melewati anak tangga. Pada area pintu masuk 1 ini banyak tersedia tempat untuk istirahat.

grojogan 5

Beberapa permainan yang di sediakan di air terjun Grojokan Sewu, diantaranya :

  1. Flying Fox

Flying Fox ini memang terbilang murah dengan harga Rp 10.000,- saja dengan jarak yang tidak terlalu jauh yaitu sekitar 30 meter dan tidak terlalu tinggi.

  1. Kolam renang 1 (untuk dewasa)

Kolam ini di buat khusus untuk orang dewasa karena kedalaman kolam 175cm (1,8 meter).

  1. Kolam renang 2 ( untuk anak-anak)

Kolam renang ini di desain sedemikian rupa dengan adanya perosotan dan permainan air lainnya agar anak – anak tidak mudah bosan saat berenang.

  1. Wisata Kuliner (paling favorit menurut saya, hehe…..)

Ini dia yang tidak kalah dari wisata lainya kuliner khas Grojokan Sewu yaitu Sate Kelinci khas Tawangmangu dan terbilang murah dengan harga Rp 10.000,- untuk 10 turuk sate + 2 lontong dan rasanya pasti tidak kalah dengan makanan yang berkelas. Bagi sahabat yang tidak suka sate kelinci tidak perlu khawatir, di sana masih banyak lagi jajanan-jajanan yang enak seperti nasi goreng, mie rebus, mie ayam, soto, sate ayam, ayam goreng dan masih banyak lagi. hmm… sahabat pasti penasaran kan? Coba sendiri ya kalo kesana pasti ga akan nyesal deh..

Saat berada di tempat wisata air terjun Grojogan Sewu sahabat akan merasa sangat tenang, nyaman, senang dan susah. Loh kok ada susahnya juga? ia itu dia karena susah naik & menuruni anak tangga hehe…

Selamat mencoba, semoga bermanfaat! Terima Kasih.

 Penulis : Mira Pujiati

You may also like...