Dunia Waspada Ebola (2)

 Memang tidak dipungkiri lagi, virus ebola benar-benar membuat dunia harus lebih waspada, begitu juga kita. Seperti dilansir Republika.co.id, “Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan 4.555 orang telah meninggal akibat Ebola dari total 9.216 kasus yang terdaftar di tujuh negara. Laporan penyakit Ebola ini diterima WHO pada awal tahun di Afrika Barat.   

WHO membagi tujuh negara yang terkena dampak Ebola menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari Guinea, Liberia dan Sierra Leone. Kelompok ini merupakan merupakan negara dengan jumlah kasus Ebola terbanyak.  Liberia merupakan negara yang terburuk terkena Ebola dari ketiga negara tersebut. Pada 13 Oktober dilaporkan ada 4.262 kasus dan 2.484 kasus Ebola.

Sementara itu Sierra Leone terdapat 3.410 kasus per 14 Oktober. 1200 di antaranya telah meninggal.  Guinea, di mana epidemi berasal Desember, terdapat 1519 kasus dan 862 dinyatakan telah meninggal per 14 Oktober.

Kelompok kedua merupakan negara-negara dengan kasus jauh lebih sedikit, termasuk Senegal, yang dinyatakan oleh WHO telah terbebas dari Ebola.”

Gejala yang ditimbulkan setelah terinfeksi virus ebola :

Ketika seseorang terinfeksi virus ini, beberapa gejala akan tampak dalam kurun waktu 2 sampai 21 hari, gejala yang ditunjukkan biasanya demam, sakit kepala, diare, muntah, lemas, rasa sakit di bagian sendi dan otot, sakit perut hingga kehilangan nafsu makan.

nn

Igniters! yuk Jauhi Ebola dengan ketiga cara ini :

  1. Mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin atau juga menggunakan sanitizer tangan yang baik dan hindari kontak fisik yang tidak perlu dengan orang lain. Ingat ya Igniters! Virus ini sangat mudah ditularkan melalui kontak fisik.
  2. Bersihkan lingkungan seperti melakukan fumigasi dan membuang bangkai hewan dengan selayaknya, karena mayat masih dapat menularkan ebola. Jangan lupa gunakan alat pelindung seperti masker dan sarung tangan ya!
  3. Laporkan jika Igniters melihat gejala yang mencurigakan di sekitar kita, secepatnya. Hal ini bertujuan untuk menekan penularan virus Ebola. Bukankah mencegah itu lebih baik dari pada mengobati?

 

 

Sumber :

  1. http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/14/10/18/ndmp7w-who-korban-tewas-ebola-bertambah-jadi-4555-orang
  2. Dari berbagai sumber

Penulis : Muthia Ulfah

You may also like...