Dunia Waspada Ebola (1)

Ebola ( Ebola virus disease (EVD)) adalah virus mematikan yang ditularkan melalui kontak langsung dengan darah atau cairan tubuh dari orang yang terinfeksi, jarum yang tidak steril atau hewan yang terinfeksi. Ebola juga menyebabkan demam haemorraghic yang membuat penderita berdarah hampir pada seluruh tubuhnya. Umumnya korban mengalami pendarahan hingga mati. Virus ini sangat mudah menular melaluli cairan tubuh seperti darah, keringat, air liur, atau cairan lainnya. Meskipun demikian, ebola tidak ditularkan melalui udara karena Ebola bukanlah penyakit pernafasan seperti flu.

Ebola pertama kali muncul pada tahun 1976 dalam 2 wabah simultan, di Nzara, Sudan, dan di Yambuku, Republik Demokratik Kongo. Kemudian terjadi wabah di sebuah desa yang terletak di dekat Sungai Ebola. Nama Ebola diambil dari kejadian wabah tersebut.

gdd

Kelelawar buah dari Famili Pteropodidae dianggap menjadi inang alami dari virus Ebola. Di Afrika, kelelawar buah, terutama spesies dari genus Hypsignathus monstrosus, Epomops franqueti dan Myonycteris torquata, mungkin merupakan inang alami untuk virus Ebola. Sehingga distribusi geografis dari virus Ebola mungkin terkait dengan berbagai kelelawar buah.

Penularan terjadi ketika kera dan manusia memakan makanan yang telah terkena air liur kelelawar. Bisa juga kera atau manusia menyentuh benda-benda yang telah terkena air liur atau kelelawar, dan kemudian menyentuh mata dan mulutnya sendiri.

Genus Ebolavirus adalah 1 dari 3 anggota keluarga Filoviridae (Filovirus), bersama dengan genus Marburgvirus dan genus Cuevavirus. Genus Ebolavirus terdiri 5 spesies yang berbeda:

  1. Bundibugyo Ebolavirus (BDBV)
  2. Zaire Ebolavirus (EBOV)
  3. Reston Ebolavirus (RESTV)
  4. Sudan Ebolavirus (SUDV)
  5. TAI Forest Ebolavirus (TAFV)

BDBV, EBOV, dan SUDV telah dikaitkan dengan wabah EVD di Afrika, sedangkan RESTV dan TAFV belum. Spesies RESTV, ditemukan di Filipina dan Republik Rakyat Cina, dapat menginfeksi manusia, tapi tidak ada penyakit atau kematian pada manusia dari spesies ini telah dilaporkan sampai saat ini.

cxfs

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 1.600 orang di Guinea, Liberia, dan Sierra Leone telah terinfeksi virus ebola. Ini merupakan wabah terbesar sepanjang sejarah. Lebih dari setengahnya telah meninggal. Dua pekerja kemanusiaan asal Amerika Serikat terinfeksi ebola ketika bekerja di Afrika Barat. Saat ini, keduanya telah mendapatkan penanganan di Atlanta, AS.

ffdd

Kenali Ebola lebih dalam di :

Sumber :

  1. http://kamuskesehatan.com/arti/ebola/
  2. http://www.karantina.deptan.go.id/index2.php?page=quarantine_detail&&id=476
  3. http://sains.kompas.com/read/2014/08/07/0713336/Mari.Mengenal.Virus.Ebola.Lebih.Dekat.
  4. http://id.wikipedia.org/wiki/Penyakit_virus_ebola

Penulis : Muthia Ulfah

You may also like...