Berorganisasi, Pentingkah?

Kata organisasi bukanlah kata yang asing bagi kebanyakan mahasiswa. Banyak sekali mahasiswa yang mengikuti kegiatan organisasi, baik di dalam kampus maupun diluar kampus. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), organisasi adalah kesatuan (susunan) yang terdiri atas bagian-bagian (orang) dalam perkumpulan untuk mencapai tujuan tertentu: kelompok kerjasama antara orang-orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama.

Di Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia (STFI), seringkali mahasiswa mengikuti kegiatan organisasi untuk memenuhi poin pertofolio sebagai salah satu syarat untuk lulus. Namun sebenarnya ada banyak manfaat dalam mengikuti organisasi selain untuk mendapatkan poin. Berikut beberapa manfaat berorganisasi.

  1. Mengasah kemampuan dan tanggung jawab

Didalam organisasi, banyak hal yang dilakukan salah satunya membuat proposal, membuat laporan pertanggung jawaban, merancang jalannya suatu acara, dan banyak hal lainnya yang menuntut tanggung jawab besar dari anggota-anggotanya. Kegiatan-kegiatan organisasi ini melatih kemampuan serta tanggung jawab yang nantinya sangat berguna di dunia kerja.

  1. Memperluas jaringan pertemanan

Dalam organisasi, kamu akan bertemu dengan banyak orang dari angkatan yang berbeda, kelas berbeda atau bahkan dari kampus yang berbeda jika kamu mengikuti organisasi diluar kampus. Hal ini tentunya menjadi peluang yang besar bagi kamu untuk memperluas jaringan relasi kamu sehingga kamu tidak akan menjadi orang yang kekurangan teman.

  1. Melatih keberanian dan percaya diri

Demam panggung sering melanda mahasiswa. Rasa malu, takut salah dan tidak percaya diri sering membuat mahasiswa tidak berani untuk tampil dihadapan banyak orang. Namun didalam organisasi, hal ini tidaklah berlaku. Dalam organisasi seseorang dituntut untuk berani dan percaya diri. Tuntutan ini bertujuan untuk melatih mental para anggotanya sehingga seseorang akan lebih berani dan percaya diri.

  1. Belajar kepemimpinan

Jiwa kepemimpinan pada dasarnya telah ada pada diri setiap orang, hanya saja jiwa kepemimpinan tersebut perlu diasah dan dilatih. Dalam organisasi ada pelatihan kepemimpinan (leadership) baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini tentu saja dapat dijadikan pengalaman yang baik untuk kita di dunia kerja.

  1. Meningkatkan kemampuan komunikasi

Organisasi dapat meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi, karena dalam organisasi, setiap anggota dituntut untuk berpendapat. Dengan adanya tuntutan ini, seseorang yang mengikuti organisasi dilatih untuk berbicara dan menyampaikan pendapatnya.

  1. Belajar manajemen waktu

Dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan dalam organisasi, maka kamu dilatih untuk mengatur dan membagi waktu antara organisasi dan akademik. Tentu saja keduanya harus seimbang.

  1. Melatih diri untuk menghadapi tekanan

Menjadi bagian dalam organisasi bukanlah hal yang mudah, banyak sekali tuntutan dan tekanan yang dihadapi, misalnya tekanan dari ketua ke anggota atau sebaliknya, deadline proposal, deadline laporan pertanggung jawaban dan banyak tekanan lainnya. Tekanan-tekanan ini nantinya akan membuat kamu terbiasa sehingga jika nanti di dunia kerja kamu mendapat tekanan, maka kamu sudah pasti bisa menghadapi tekanan tersebut dengan baik.

            Itulah beberapa manfaat berorganisasi yang membuat organisasi menjadi penting bagi seorang mahasiswa. Organisasi akan melatihmu menghadapi dunia kerja. Akan tetapi, dengan aktif dalam organisasi bukan berarti kamu mengabaikan akademis. Kegiatan akademis dan organisasi sudah seharusnya berjalan dengan seimbang.

Penulis

Viktoria Bubu

Leave a Comment