Apa Itu Antibiotik ??

032117_0232_ApaItuAntib1.jpgAntibiotik adalah zat-zat kimia yang dihasilkan oleh fungi dan bakteri, yang memiliki khasiat mematikan atau menghambat pertumbuhan kuman, sedangkan toksisitasnya bagi manusia relatif kecil. Antibiotik mampu membunuh bakteri dan mencegah perkembangannya. Tentu saja, tiap infeksi membutuhkan jenis antiobotik yang berbeda-beda. antibiotik juga digunakan untuk memerangi beberapa jenis infeksi jamur dan parasit. Namun antibiotik tidak dapat digunakan untuk melawan virus. Mengonsumsi antibiotik saat seseorang terkena infeksi virus tidak akan membantu membuat seseorang merasa lebih baik, malah dapat mengarah pada resistensi antibiotik yang menyebabkan kekebalan bakteri.
Antibiotik juga memiliki beberapa manfaat, yaitu untuk melawan bibit penyakit, khususnya kuman. Misalnya, antibiotika untuk kuman TBC (mycobacterium tuberculosis), untuk lepra atau kusta (mycobaterium leprae), atau untuk tipus (salmonella tyhphi).

Hal apa saja yang harus di ketahui tentang antibiotik…..

BAGAIMANA CARA PENGGUNAAN ANTIBIOTIK ???

Penggunaan antibiotik umumnya melalui mulut, namun juga dapat digunakan melalui suntikan atau infus, terutama untuk kasus yang lebih serius, seperti infeksi sistemik pada organ dalam (deep-seated systemic infections). Selain itu, antibiotik juga dapat diberikan secara topikal pada bagian tubuh tertentu, seperti tetes mata atau obat salep.

BERAPA LAMAKAH PEMAKAIAN ANTIBIOTIK ???

Antibiotik sebagai salah satu jenis obat umum tidak lagi asing beredar di antara masyarakat. Hanya saja, konsumsi antibiotik sering kali tidak sesuai aturan yang ditetapkan oleh dokter, seperti kelalaian dalam menghabiskannya. Padahal kebiasaan tersebut dapat membahayakan.Lama pemakaian antibiotika bervariasi, tergantung jenis infeksi dan kuman penyebabnya. Paling sedikit 4-5 hari. Tetapi , jika infeksinya masih belum tuntas, antibiotika perlu dilanjutkan sampai keluhan dan gejalanya hilang.

APA SAJA MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI PADA SAAT PENGGUNAAN ANTIBIOTIK ???

Beberapa jenis antibiotik dilarang dikonsumsi bersamaan dengan makanan tertentu, sebagian lagi harus dikonsumsi di saat perut kosong, umumnya satu atau dua jam sebelum makan. Konsumsi minuman keras juga dilarang selama menggunakan antibiotik tertentu. Ikuti instruksi pada label obat atau melalui lembaran informasi untuk pasien.

EFEK APA SAJA YANG TERDAPAT PADA PENGGUNAN ANTIBIOTIK ???

Ada beberapa efek terhadap antibiotik diantaranya berefek buruk terhadap ginjal, hati, ada pula yang mengganggu keseimbangan tubuh

INGAT !!!
Sebaiknya antibiotik milik pribadi tidak boleh di berikan kepada teman, keluarga, atau binatang peliharaan. Hindari juga menyimpan sisa antibiotik milik Anda. Seharusnya tidak ada dosis obat yang tersisa. Antibiotik yang diresepkan sebaiknya dikonsumsi sampai habis untuk mencegah kembalinya infeksi yang berpotensi lebih parah dari yang awal. Jika Anda menerima dosis melebihi yang telah diresepkan oleh dokter, maka sebaiknya tanyakan pada apoteker tentang bagaimana sebaiknya membuang sisa antibiotik tersebut.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.