When I See You Again; Cihalimun

Kalimat yang sudah tidak asing di telinga, “setiap perjumpaan berarti ada perpisahan,” tapi arti sampai berjumpa lagi memberi keyakinan akan bertemu kembali.

Saat pertama kali sampai di Dusun Cihalimun, Desa Cibereum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, udara segar sampai pada hidung, yang kemudian diiringi oleh debu yang terbawa oleh angin, hingga sampai di rumah keluarga bahagia.

“Oh… ini rumahnya? Lantainya dingin yah? Dirumah serasa lebih adem.” Itulah sepenggal kesan pertama yang dilontarkan teman-teman saat sampai di kediaman Bp Alo dan Ibu Ani.

Dusun Cihalimun merupakan tempat mahasiswa 2012 melakukan kegiatan KKNM. Kegiatan yang berlangsung selama 23 hari ini memberikan kesan yang mendalam bagi mahasiswa yang tinggal di Dusun Cihalimun. Rangkaian kegiatan berlangsung setiap harinya. Berbagai program kerja yang ditugaskan dilaksanakan sesuai dengan kondisi tempat. Hinggga pemberian beberapa penyuluhan pun dilakukan di dusun ini.

Setiap kegiatan memiliki cerita tersendiri, dan setiap cerita memiliki arti dan pengalaman baru. Seperti halnya melangkah bersama warga Dusun Cihalimun, Program-program kerja yang sudah dirancang tidak akan berjalan tanpa dukungan para warga. Disela-sela proker yang dikerjakan, kenangan kebersamaan akan selalu teringat.

3009-3-2

Dokpri: Teman-teman yang sedang berpartisipasi dalam kegiatan sehari-hari warga Dusun Cihalimun.

3009-3-1

Minggu terakhir ditutup dengan kebersamaan menuju Cibolang Hot Spring, yang merupakan kawasan kolam renang air panas. Perjalanan selama kurang lebih 1 jam tetap dinikmati setiap mahasiswa di Dusun Cihalimun dengan keluarga Ibu Ani. Dengan menggunakan mobil bak terbuka, sinar mentari yang menyengat pun tidak memudarkan kegembiraan. Setelah berenang, jadwal berikutnya makan siang bersama dengan menu nasi liwet yang membuat badan segar, perut kenyang, serta hati senang yang mengiringi perjalanan pulang menuju rumah di Desa Cihalimun.

3009-3-3

Selain itu, kami berpartisipasi dalam kegiatan memeriahkan 17-an di Dusun Cihalimun dengan menampilkan tari indang yang kemudian di tutup dengan berdangdut ria bersama warga.

3009-3-4

3009-3-5

 

 

 

 

 

 

 

Dan pada hari Selasa, 1 September 2015, waktunya kami mahasiswa KKNM STFI harus melangkahkan kaki untuk berpamitan kepada warga Dusun Cihalimun. Teringat kembali setiap jejak yang diiringi tawa, setiap pintu rumah yang memberikan senyum, setiap tempat penuh kenangan. Terima kasih Dusun Cihalimun. When I See You Again, Dusun Cihalimun.[ ]

3009-3-6

Dokpri: Potret Bersama di Salah Satu Ladang Dusun Cihalimun

Penlulis : Feronia Reni

 

You may also like...