Tugas Mikrobiologi “Bakteri Dan Pengelompokannya Dalam Berbagai Peran Disekitar Kita”

Bakteri Dan Pengelompokannya Dalam Berbagai Peran Disekitar Kita

Windania Barkah (A 171 110)

Hai teman sekalian.  sebelumnya disini kita pasti mengetahui banyak sekali mikroorganisme disekitar kita salah satunya adalah bakteri. Bakteri ini pertama kali ditemukan oleh ahli mikroskop dari belanda yaitu Antonie Van Leeuwenhoek pada tahun 1676.  Sebelumnya kita perlu tahu apa sih itu bakteri? Jadi Bakteri adalah mikrooranisme bersel satu dan termasuk kedalam domain prokariot yang berukuran sangat kecil.

Bakteri ini tidak hanya merugikan tetapi bakteri ini juga dapat bermanfaat bagi kita. Salah satu bakteri yang dapat merugikan adalah yang dapat menyebabkan penyakit, seperti penyakit antraks yang disebabkan oleh Bacillus antharacis, sedangkan bakteri yang dapat bermanfaat salah satunya bakteri Escherichia coli yang dapat bermanfaat dalam proses pencernaan dan dapat memproduksi vitamin B-Komples dan vitamin K.

Bakteri ini memiliki pengelompokan yang sangat banyak yaitu:

A. Berdasarkan ketebalan lapisan peptidoglikan dengan sistem pewarnaan dibagi menjadi 2 yaitu:

  • a. Bakteri gram positif

yaitu bakteri yang dinding selnya menyerap warna violet dan lapisan peptidoglikannya tebal, contohnya eubacterium.

  • b. Bakteri gram negatif

yaitu bakteri yang dinding selnya menyerap warna merah dan lapisan peptidoglikannya tipis, contohnya cyanobacteria.

B. Berdasarkan kebutuhan oksigen dibagi 2 yaitu:

  • a. Bakteri aerob

Yaitu bakteri yang membutuhkan oksigen di dalam kehidupanya. Misalnya bakteri acetobacter yang mengubah etanol menjadi asam asetat dengan bantuan udara.

  • b. Bakteri anaerob

Yaitu bakteri yang tidak membutuhkan oksigen di dalam kehidupanya. Contohnya salmonella yang menyebabkan penyakit tifoid. Bakteri anaerob ini kemudian dikelompokan menjadi 2 yaitu:

  1. Bakteri anaerob obligat adalah bakteri yang tidak membutuhkan oksigen dalam hidupnya. Jika ada oksigen bakteri tersebut akan mati, Contohnya clostridium tetani yang menyebabkan penyakit tetanus.

2. Bakteri anaerob fakultatif adalah bakteri yang dapat hidup dengan adanya oksigen ataupun tanpa oksigen, contohnya shigella dysentriae yang menyebabkan penyakit disentri.C. Berdasarkan cara mendapatkan makanannya dibagi 2 yaitu :

  • Bakteri heterotrof (bakteri yang tidak bisa membuat makanannya sendiri sehingga makanannya didapatkan dari organisme lain.) Bakteri heterotrof ini dibagi menjadi 2 yaitu :
  1. Bakteri saprofit adalah bakteri yang bakteri yang makanannya berasal dari sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati atau sampah. Contohnya Lactobacillus bulgaricus yang membantu dalam fermentasi yogurt.
  2. Bakteri parasit adalah bakteri yang makananya diambil dari organisme yang lain yang menjadi inangnya (tempat hidupnya). Contohnya vibrio cholera yang menyebabkan penyakit kolera.
  • Bakteri autotrof (bakteri yang membuat makanannya sendiri dari bahan bahan anorganik.) Bakteri autotrof ini dibagi menjadi 2 yaitu :
  1. Bakteri fotoautotrof adalah bakteri yang menggunakan cahaya untuk menyintesis makanannya. Contohnya Rhodopseudomonas palustris  yang berperan dalam biodegradasi .
  2. Bakteri kemoautotrof adalah bakteri yang menggunakan zat kimia untuk mensintesis makanannya. Contohnya Nitrobacter yang berperan dalam mengubah nitrit menjadi nitrat.
  3. Berdasarkan jumlah dan kedudukan flagella dibagi 5 yaitu :
  4. Atrik, yaitu bakteri yang tidak mempunyai flagella.
  5. Monotrik, yaitu bakteri yang mempunyai satu flagella.
  6. Lofotrik, yaitu bakteri yang mempunyai sekelompok flagella pada salah satu ujungnya.
  7. Amfitrik, yaitu bakteri yang mempunyai sekelompok flagella pada dua ujungnya.
  8. Peritrik, yaitu bakteri yang mempunyai sekelompok flagella pada seluruh permukaannya.
  9. Berdasarkan bentuknya dibagi 3 yaitu :
  10. Kokus (bulat)

Bakteri berbentuk bulat dapat dibedakan atas :

  1. Monokokus
  2. Diplokokus
  3. Streptokokus
  4. Tetrakokus
  5. Sarkina
  6. Stafilokokus
  7. Basil (batang)

Bakteri berbentuk batang dapat dibedakan atas :

  1. Monobasil
  2. Diplobasil
  3. Streptobasil
  4. Spiral

Bakteri berbentuk spiral  dapat dibedakan atas :

  1. Koma atau vibrio
  2. Spiral
  3. Spiroseta

Setelah mendengar penjelasan diatas teman- teman dapat mengetahui bahwa banyak sekali jenis bakteri di dunia ini dan memiliki perannya masing masing.

Leave a Comment