Tugas Mikrobiologi “Mengenal Infeksi Jamur Pada Kulit”

Mengenal Infeksi Jamur Pada Kulit

Tina Khomisah (A 171 104)

Apakah kalian tahu apa sih  itu Jamur?

Jamur merupakan salah satu tanaman yang biasa kita jumpai di banyak tempat, seperti dipekarangan rumah, dikebun, dan pada pohon yang mulai membusuk. Bahkan jamur juga bisa dapat kita konsumsi menjadi lauk yang bisa kita makan sehari-hari.

Selain enak karena tekstur yang kenyal dan rasanya yang khas, jamur juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Nah selain bermanfaat untuk dikonsumsi, jamur juga berbahaya untuk kesehatan kulit dan dapat menginfeksi pada tubuh kita. Misalnya pada wajah.

Kalian pasti sudah  tahu kan apa itu jerawat?

Jerawat merupakan infeksi yang ditimbulkan oleh jamur. Jerawat ini sering muncul pada bagian badan kita, seperti benjolan kecil yang berisikan nanah pada permukaan jaringan kulit kita. Nah hal ini sangat menjengkelkan dan sangat mengganggu  sekali untuk penampilan tubuh kita.

Apa penyebab wajah kita berjerawat ?

penyebabnya karena terinfeksi  jamur Microsporum canis,  ricophyton mentagrophytes, dan Tricophyton rubrum.  Biasanya infeksi ini terjadi karena ditularkan oleh binatang, seperti hewan pengerat yaitu tikus, hamster, kelinci, dan hewan pengerat lainnya. Tetapi infeksi ini juga dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita infeksi jamur ini

Tanda-tanda tubuh kita terinfeksi jamur yaitu dengan adanya kemerah merahan pada kulit , atau disebut juga bruntusan. Bruntusan ini dikelilingi oleh bintik atau krusta (luka basah yang sudah mengering). Tanda lainnya yaitu tekstur permukaaan kulit kita tidak rata.

Cara mencegah kita terkena infeksi jamur ini dengan cara menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan sekitar. Rajinlah cuci muka dua kali sehari. Jangan lupa juga untuk rutin mengganti sarung bantal, sarung guling, selimut, dan seprai Anda.

Selain itu, jika mempunyai binatang peliharaan, jangan lupa untuk merawat kebersihannya. Pastikan si Manis di rumah selalu di-groom dan rutin diperiksakan ke dokter untuk memastikan ia tidak membawa penyakit. Jika peliharaan Anda sakit, pisahkan ia sementara dari orang-orang rumah agar tidak menyebabkan penularan.

Leave a Comment