TIPS MENGHADAPI SEMINAR PROPOSAL

seminar, signa

Seminar proposal atau seminar usulan tugas akhir pada prinsipnya adalah tolak ukur kesiapan mahasiswa menghadapi proses tugas akhir, disamping itu untuk mendapatkan tanggapan mengenai judul penelitian yang diajukan beserta masukan dari dosen dan mahasiswa lain mengenai alur kerja atau prosedur yang akan dilakukan.

Prinsip di atas perlu untuk dipahami sehingga proses dan hasil seminar benar-benar bermanfaat bagi mahasiswa yang akan penelitian. Pemahaman ini yang juga berhubungan dengan persiapan sebelum seminar dilaksanakan.

Berikut 9 tips menghadapi seminar proposal :

  1. Konsultasi draft proposal dengan pembimbing secara detail (terutama latar belakang penelitian, tujuan, identifikasi masalah, dan prosedur kerja).
  2. Pahami setiap kalimat bahkan sedapat mungkin setiap kata yang tercantum pada proposal.
  3. Prosedur penelitian usahakan hapal secara detail dan paham maksud setiap tahap dan setiap bahan yang di
  4. Buat powerpoint yang baik, cantumkan proposal secara detail bukan sekedar garis besar.
  5. Kenali dosen penguji dari bidang ilmu dan keahliannya serta pola pertanyaan yang biasa disampaikan, caranya sering-sering mengikuti seminar dan atau bertanya kepada senior atau teman yang pernah mengikuti seminar dengan dosen tersebut.
  6. Sering hadir pada seminar juga dapat membantu mengurangi ketegangan karena sudah mengenali suasana dengan baik, lebih baik lagi biasakan mengajukan pertanyaan karena hal ini akan meningkatkan percaya diri
  7. Berlatih presentasi berulang kali sampai benar-benar menguasai materi yang akan disampaikan termasuk mengukur waktu presentasi
  8. Hadir pada hari seminar lebih pagi dan persiapkan bahan presentasi dan pastikan berjalan dengan benar
  9. Berdoa sebelum tampil.

Dapatkan manfaat sebaik-baiknya selama seminar berlangsung guna mengurangi kesalahan yang mungkin terjadi selama tugas akhir.

Penulis : Syarif Hamdani

You may also like...