Swiperx : Cyberspace Eksklusif Farmasis Terbesar di Asia

Farmasis sudah seharusnya memiliki wadah yang khusus dan eksklusif untuk menghubungkan ribuan farmasis di Indonesia dan mempermudah akses informasi. That’s what SwipeRx is for. Clinica menggarap platform media sosial ‘SwipeRx’ khusus untuk para profesional di bidang farmasi, antara lain apoteker, asisten apoteker, pemilik usaha farmasi, pelajar/mahasiswa farmasi, dan pihak lainnya yang berkepentingan di bidang farmasi. Aplikasi ini serupa dengan facebook, twitter, dll. Namun, aplikasi SwipeRx ini memiliki rating tertinggi bagi farmasis profesional dengan ribuan jumlah pengguna yang terdaftar dari berbagai negara di Asia, termasuk Indonesia, Filipina, Kamboja, dan Vietnam.

SwipeRx adalah proyek online yang berfokus untuk memberikan pengalaman sosial kepada para farmasis dengan membiarkan pengguna men-posting, mencari informasi obat, berkolaborasi sesama apoteker, mencari pekerjaan, dan mengakses hot news seputar industri farmasi. Tujuan utamanya adalah membantu mempromosikan pengaksesan informasi dan mendorong kerjasama sesama pengguna profesional di bidang farmasi. Dalam pelaksanaannya, SwipeRx mengumpulkan dan mengamankan informasi milik pengguna.

SwipeRx memiliki kelebihan yang terletak pada fitur lowongan khusus untuk para farmasis. Selain itu, untuk memudahkan pekerjaan di dunia farmasi, developer sudah melengkapi fitur-fitur SwipeRx seperti Pelaporan, Satuan Kredit Partisipasi/Continuous Professional Development (SKP/CPD), Info Obat, Interaksi Obat, dan Apoteker Online. Fitur paling menarik dari SwipeRx ini adalah SKP/CPD Online. Fitur ini dikembangkan untuk memudahkan farmasis mengikuti program CPD dalam memperpanjang Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian (STRTTK) atau Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA). Nantinya, fitur ini akan berisi seminar online. Para farmasis dapat memanfaatkan fitur ini untuk memperoleh SKP dengan berpartisispasi dalam seminar tersebut.

Apakah SKP/CPD Online di SwipeRX terjamin legalitasnya? Tenang, pada tanggal 1 Agustus 2017 yang lalu, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) telah melakukan penandatanganan kerjasama dengan SwipeRx. Dengan langkah berani dan inovatif, IAI membuat koleksi poin pendidikan dan SKP lebih mudah diakses dan terjangkau dengan memanfaatkan teknologi mobile. Maka dari itu, pengguna dapat memperoleh SKP gratis setelah melalui dan menyelesaikan modul CPD di SwipeRx. Fitur ini akan sangat bermanfaat bagi para apoteker, khususnya di daerah terpencil. Kedua belah pihak juga sepakat untuk melakukan kerjasama Program Pengembangan Pendidikan Berkelanjutan (CPD) untuk meningkatkan kompetensi para apoteker di seluruh Indonesia.

Itu dia SwipeRx, cyberspace spesial para farmasis. Menarik, bukan? Aplikasi ini dapat diakses melalui Google Play Store atau iTune App Store. Semoga bermanfaat!

Penulis

Yuliyani Sartika Dewi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.