Si mungil Artemia Salina

Para pembaca Signa pada tau ga “Artemia Salina”? mmm nama yang aneh..jarang atau bahkan ga pernah denger??

Yuu kenalan sama ArtemiaJ

Artemia Salina ini suatu filum dari “arthropoda” dan termasuk kelas “crustacea”.. yang udah belajar Farmasi Bahari pasti pada tau deh.. hehe

yaapp Artemia adalah sejenis udang-udangan yang udah dikenal cukup lama. Oleh Linnaeus diberi nama Cancer salinus pada tahun 1778. Leach merubahmenjadi artemia salina pada tahun 1819.

Artemia salina hidup planktonik di perairan yang berkadar garam tinggi (antara 15-300 per mil), pada suhu antara 25-30 0C, dan pH antara 7,3–8,4.

Artemia salina dewasa memiliki panjang tubuh sekitar 8-10 mm bahkan mencapai 15 mm. Artemia salina dewasa berwarna putih pucat, merah muda, hijau, atau transparan dan biasanya cuma hidup beberapa bulan. Memiliki mulut dan sepasang mata pada antenanya.

Artemia salina dibedakan menjadi 2 golongan berdasarkan cara berkembangbiaknya. Ada ovovivipar dan ovipar. Pada jenis Artemia salina ovovivipar, anak yang keluar dari induknya udah berupa larva (nauplii), nauplii langsung dapat hidup sebagai Artemia salina muda, sedangkan pada cara ovipar, yang keluar dari induknya berupa telur bercangkang tebal yang dinamakan siste.

Artemia salina yang diperjual belikan biasanya dalam bentuk telur istirahat yang disebut “kista”. Kista ini berbentuk bulatan-bulatan kecil berwarna kecoklatan dengan diameter berkisar 200-300 mikron.

proses penetasan Artemia salina ada beberapa tahap. tahap hidrasi, tahap pecah cangkang dan tahap payung atau tahap pengeluaran.

image

Artemia yang baru menetas berwarna orange, bulat lonjong dengan panjang sekitar 400 mikron, lebar 170 mikron, dan berat 0,002 mg. Kebayang kan lihatnya kaya gimana.

image

image

Dan Artemia ini juga bisa digunakan untuk uji sitotoksik. Sitotoksik ini digunakan untuk mengetahui nilai LC50 dari ekstrak, fraksi atau bisa juga dari senyawa murni.

Nah para pembaca signa sekarang udah pada tau kan Artemia Salina. kalau masih penasaran silahkan mampir ke Laboratorium “Tugas Akhir” hehe ^-^

Penulis : Septiani Puji Rahayu

You may also like...