Si Hijau Mungil “Jeruk Nipis”

Siapa yang tidak tahu dengan buah mungil berwarna hijau ini?

jeruk-nipis

Jeruk nipis sering banget ada di dapur dan di atas meja makan, digunakan untuk menambah cita rasa masakan ataupun dijadikan bumbu dapur. Rasa jeruk nipis yang asam akan memberikan rasa segar, sehingga masakan terasa lebih lezat.

Namun, si mungil ini memiliki manfaat selain dijadikan bumbu dapur. Ternyata jeruk nipis ini sangat bermanfaat di bidang kecantikan, terutama untuk kulit wajah kita. Berikut manfaat utama jeruk nipis bagi wajah kita:

  • Mengurangi Jerawat

Jerawat timbul karena kotoran atau minyak yang menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan pembengkakan. Bakteri yang berkembangbiak pada jerawat dapat memperparah jerawat tersebut. Menurut penelitian, air jeruk nipis yang segar mengandung asam sitrat, yang efektif dalam mengurangi penyebaran bakteri dan mencegah infeksi akibat bakteri. Cukup iris jeruk nipis lalu peras hingga airnya keluar, kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat, dan didiamkan beberapa saat. Setelah kering, bilas dengan air dingin agar pori-pori wajah tertutup.

  • Mencerahkan Wajah

Jeruk nipis yang kaya akan Vitamin C (Acidum Ascorbicum) mengandung asam sorbat, dimana asam ini sangat berperan dalam pembentukan kolagen. Kolagen mempengaruhi pembentukan protein dan protein ini lah yang membuat kulit lebih cerah dan kencang. Wajah yang kusam dapat diatasi dengan jeruk nipis dengan menghilangkan kotoran pada wajah dan mengurangi produksi minyak yang membuat wajah terlihat kusam. Untuk mengusir kulit yang kusam, hanya perlu memeras jeruk nipis dan mengoleskan airnya ke seluruh wajah. Setelah mengoleskannya, bersihkan dengan kapas. Lakukan hal ini setiap hari, maka wajah akan terlihat lebih cerah.

  • Menghilangkan Flek Hitam

Penambahan usia dan paparan sinar UV dari matahari, membentuk melanin yang bila terakumulasi, dapat menimbulkan bintik-bintik gelap. Bintik-bintik gelap/flek hitam ini dapat diatasi dengan campuran tepung dan air perasan jeruk nipis. Setiap malam, oleskan campuran tersebut ke wajah dengan merata, lalu biarkan kering. Sesudah kering, bersihkan dengan air.

Jeruk nipis mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan, sehingga membantu melindungi kulit dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil dan akan merusak sel-sel sehat. Selain itu masih banyak lagi peran jeruk nipis dalam kesehatan kulit, karena kandungan dalam jeruk nipis sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, baik secara lokal maupun universal.

Penulis : Joana Tania

Leave a Comment