Rakernas Ismafarsi XIV Denpasar Bali

Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (ISMAFARSI) melaksanakan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) XIV. RAKERNAS ini dilaksanakan oleh Universitas Udayana,Bali. Bertempat di Mahajaya Agung Hotel & Convention Center, Denpasar. Rakernas ini berlangsung selama 5 hari yaitu 26-30 januari 2019.

Rakernas Ismafarsi kali ini memiliki agenda yaitu pelantikan BPH (Badan Pengurus Harian) dan Korwil (koordinator Wilayah), seminar nasional, Lomba PCE (Patient Counselling Event), serta pengesahan program kerja BPH selama satu periode yang dibahas disidang komisi kemudian di akhiri dengan visit destinasi wisata Kota Denpasar Bali.

Dalam rakernas ini di hadiri oleh 69 Lembaga Eksekutif Mahasiswa dengan total sebanyak 231 delegasi. Dan pada kesempatan kali ini Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia (STFI) hanya mengirimkan 2 delegasi nya yang diwakilkan oleh Sulistia Suryaman dan Tuti Mutia yang merupakan pengurus Senat Mahasiswa STFI.

Seluruh delegasi dari seluruh LEM yang termasuk Anggota Penuh ISMAFARSI

Hari pertama pada rakernas diawali dengan opening ceremony dimana tandanya acara rakernas ini telah resmi dibuka. Kemudian dilanjutkan dengan agenda utama yaitu pelantikan BP dan BPH periode 2018-2020 oleh Sekretaris Jendral ISMAFARSI terpilih yaitu Muhammad Dzikri.

Pembukaan RAKERNAS XIV ISMAFARSI

Pelantikan BP dan BPH

Pada hari kedua RAKERNAS, agenda yang dilaksanakan adalah Seminar Nasional. Materi yang dibahas pada Seminar Nasional ini adalah tentang “ Ketergantungan impor bahan baku obat “ dan “ Improving Clinical Pharmacy Know ledge in Drug” materi diatas sangat menarik untuk dibahas. Banyak dari delegasi masing-masing LEM memberikan pertanyaan untuk semua materi ini. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi publik, pada diskusi publik ini dihadirkan pembicara yang merupakan tim sukses dari calon presiden dari kubu Pasangan no 1 dan kubu pasangan no 2. Hal-hal yang dibahas pada diskusi publik ini adalah tentang masalah – masalah yang terkait dengan kefarmasian. Kemudian disela kegiatan seminar berlangsung juga lomba PCE babak penyisihan.

Seminar Nasional

Diskusi Publik

Setalah diskusi publik dilanjutkan dengan pembahasan mengenai tata tertib dan agenda sidang. Tujuan nya adalah agar semua sidang yang berlangsung tersusun secara berurutan dan tidak membuang-buang waktu sehingga sidang bisa berjalan dengan aman dan tertib.

Pada hari ketiga Rakernas dilanjutkan dengan Sidang komisi. Sidang komisi ini terbagi mejadi 3 yaitu sidang komisi A, B, C. pada sidang ini membahas tentang program kerja dari BPH untuk satu periode. Sidang komisi berlangsung selama 2 hari karena banyak yang harus dikritisi dan diperbaiki dikarenakan minimnya delegasi yang akan mengikuti program kerja dari Staf Ahli sehingga akan mempengaruhi indikator keberhasilan dari program kerja tersebut. Setelah sidang komisi berlangsung dilanjutkan penetapan dan pengesahan dari program kerja.

Sidang Komisi

Hari terakhir dilanjutkan dengan sidang paripurna yaitu sidang yang membahas tentang masalah umum dari ISMAFARSI kemudian dilanjutkan dengan visit detinasi wisata Denpasar Bali meliputi Museum Bajhra Sandi dan Pusat Oleh-Oleh Erlangga.

Setelah berakhirnya rangkaian kegiatan RAKERNAS ini diharapkan para BP dan BPH yang dilantik dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya dan program kerja dapat terlaksana dengan sebaik mungkin. dan diharapkan juga program kerja tersebut dapat bermanfaat bagi seluruh mahasiswa farmasi seluruh Indonesia dan juga masyarakat. Tetaplah menginspirasi dan melakukan yang terbaik untuk ISMAFARSI sehingga dapat menuju ISMAFARSI  Sejahtera.

Delegasi dari wilayah Priangan

Penulis,

Tuti Mutia

Leave a Comment