Pentingnya Vitamin

Vitamin A

Tahukah kalian bila kekurangan vitamin A akan menyababkan kulit dan rambut menjadi kering? Juga menyebabkan kuku menjadi rusak?

Vitamin A yang kita minum ada 3 jenis yaitu Retinol (Vit A), Carotenoid (Pro Vit A), Retinoid (Metabolit Vit A) dan jangan lupa karena vitamin A ini larut dalam lemak, bila ingin mengkomsumsi suplemen vitamin A sesudah makan yaa…

Vitamin A ini diekspresikan dijaringan sebasea dan sudah terbukti dapat membantu mengobati jerawat bertipe ringan, sedang, berat dan bandel begitu juga dengan tanda-tanda penuaan.

Sinergisme Vitamin C dan E

Tahukah kalian jika setiap hari kulit kita mengalami penderitaan oleh karena debu, polusi, paparan UVA dan UVB ? Dengan begitu, hal itulah yang akan mempercepat proses penuaan. Dan untuk beberapa kasus dapat berkembang menjadi kanker kulit.

Sunscreen bila digunakan sendiri tidaklah cukup, mengingat banyak orang yang menggunakan sunscreen tidak merata atau kurang dari jumlah yang di harapkan untuk dapat menangkal radikal bebas.

Penggunaan vitamin E dan C secara bersamaan baik oral maupun topikal sangat membantu untuk mengurangi tanda penuaan, menunjang kerja sunscreen dan membantu memperbaiki kulit kusam atau rusak akibat paparan sinar matahari. Untuk membantu proses photoaging, maka kita disarankan mengkonsumsi suplemen vitamin C 1000 – 3000 mg per hari dan supelemen vitamin E 400 IU per hari

Vitamin C dan Sintesis Kolagen

Kegunaan yang paling signifikan dari vitamin C adalah kemampuannya untuk mensintesis kolagen. Hal ini karena vitamin C merupakan vitamin yang esensial sebagai kofaktor enzim prolyl hidroksilase dan lysil hidroksilase sehingga dapat mensintesis kolagen dalam tubuh. Enzim prolyl hidroksilase membuat molekul kolagen menjadi lebih stabil sedangkan lysil hidroksilase membuat struktur kolagen menjadi kuat.

Penulis,

Dede Christian Kurnia

Leave a Comment