Liburan Tahun Baru di STFI

Tidak terasa tahun baru sudah tiba. Sayang sekali rasanya jika momen tahun baru disia-siakan dengan berdiam diri dirumah. Biasanya, libur tahun baru akan diisi dengan berbagai kegiatan, mulai dari berkumpul bersama keluarga dan teman-teman hingga diisi dengan kegiatan berwisata.

Kali ini, Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia (STFI) menawarkan wisata yang berbeda dari biasanya. Pada awal tahun ini, tepatnya ditanggal 2 Januari 2019, STFI menghadirkan wisata kampus yang tak hanya dapat membuat wisatawan menyegarkan mata, namun juga sekaligus dapat menambah ilmu dan wawasan tentang dunia farmasi. Wisata kampus ini mengajak para pengunjungnya untuk dapat melihat proses pembuatan obat, mulai dari penyiapan bahan hingga evaluasi sediaan obat.

Kegiatan wisata kampus kali ini dihadiri oleh 20 orang siswa dari SMK Cipta Skill. Para siswa terlebih dahulu diajak berkenalan dengan Laboratorium Teknologi Farmasi oleh Rival Ferdiansyah, M.Farm., Apt. selaku Ketua Kelompok Keilmuan Farmasetika. Selanjutnya, untuk membuka pemahaman siswa akan cara pembuatan tablet, materi mengenai formulasi dan evaluasi sediaan tablet disampaikan terlebih dahulu oleh Wahyu Priyo Legowo, S. Farm., Apt. selaku Asisten Akademik.

Setelah itu, kita beranjak kebagian yang paling seru di wisata kampus yaitu pembuatan tablet. Pada sesi ini, selain mendapatkan penjelasan mengenai cara pemakaian alat, siswa juga dapat mempraktikan alat tersebut secara langsung. Sesi ini dilakukan dengan metode post to post yang dipandu oleh pemandu wisata kampus yang tidak lain adalah mahasiswa STFI. Perjalanan dimulai dari evaluasi granul, lalu dilanjut dengan pencetakan massa tablet. Tablet yang sudah jadi kemudian dievaluasi untuk mengetahui kualitas tablet yang telah dibuat. Ditahap post to post ini, materi selanjutnya dipaparkan oleh pemandu wisata.

Kegiatan diakhiri dengan peserta diajak berkeliling mengunjungi spot–spot kece yang ada di kampus STFI, diantaranya perpustakaan dan dinding pelangi STFI yang instagramable.

Penulis,

Avila Garibaldi

Leave a Comment