Alam Perasaan Bipolar

zzzz

Sekarang-sekarang ini media lagi gencar-gencarnya nih membicarakan tentang bipolar.. apa sih sebenarnya bipolar itu??

Ya kata itu baru saja kita dengar di media beberapa saat lalu.. Sebenarnya bipolar ini sudah ada sejak tahun 1980-an.. bipolar disorder atau yang lebih dikenal dengan bipolar ini merupakan jenis gangguan psikologis, atau bisa dikatakan sebagai gangguan pada perasaan seseorang akibat adanya masalah pada otak.

Bipolar ini mengacu pada suasana hati si penderita yang bisa berganti secara tiba-tiba antara kebahagiaan dan kesedihan yang sangat ekstrim. Bipolar ini ternyata memiliki 4 jenis mood yang berbeda diantaranya : mania, hypnomania, depresi, dan episode campuran.

  1. Mania ini merupakan perasaan bahagia yang sangat-sangat berlebihan, mudah tersinggung, penuh ide dan semangat yang baru, sangat aktif, sulit untuk menahan diri, dan bisa juga berhalusinasi.
  2. Hypnomania ini termasuk kategori bipolar yang tidak terlalu parah dibandingkan dengan mania. Penderita jenis ini merasa gembira, produktif, dan energik. Pada gejala hypnomania, penderita merasa lebih tenang dan ada dalam suasana yang realistis.
  3. Depresi, gejala yang biasanya timbul pada penderita ini sering sedih, tiba-tiba menangis, sangat tidak bersemangat, suka menghindari komunikasi, sangat putus asa dan selalu ada pikiran bahwa penderita ingin bunuh diri.
  4. Episode campuran ini gabungan dari mania, hypnomania, dan depresi. Gejala yang timbul biasanya si penderita ini selalu membicarakan tentang kematian, mengkonsumsi obat atau alkohol secara berlebihan, dan terkadang ia akan lupa sesuatu yang pernah menimpa dirinya (masa lalunya).

Faktor penyebab adanya bipolar ini yaitu genetik, fisiologis, dan juga faktor lingkungan.

Genetik ini bisa terjadi akibat orang tua yang mengidap bipolar dan  akan menurunkan kepada anaknya sebesar 15-30%.

Bipolar ini secara fisiologis menyerang salah satu organ tubuh manusia yaitu otak. Salah satunya kekurangan cairan di dalam otak dan sistem pengatur emosi di dalam otak yang tidak berjalan dengan baik..

Faktor yang paling umum terjadi adalah pada lingkungan. Faktor yang dapat memicu timbulnya bipolar ini salah satunya jatuh cinta, putus cinta, dan juga bisa terjadi karena kematian teman.

Sumber :

Emily, Martin. 2007. bipolar mania and depression in American culture expedition. United kingdom: Princeton university press

ggfff

Penulis : Septiani Puji Rahayu

You may also like...