Webinar “Pelatihan Laboratoriumoratory Safety”: Menghindari Bahaya di Laboratorium

Sabtu, 20 Maret 202. Program Studi Sarjana Farmasi (PSSF) STFI telah melaksanakan Webinar Pelatihan Laboratory Safety bagi mahasiswa/i angkatan 2020. Acara ini diisi oleh Wakil Ketua III STFI dan dosen KK Farmakokimia STFI Bapak Syarif Hamdani, M.Si. Tujuan diadakan webinar pelatihan laboratory safety ini yaitu untuk memperkenalkan dan mempersiapkan para mahasiswa/i untuk dapat bekerja didalam laboratorium dengan benar dan aman dari bahaya yang mengancam di laboratorium. Mahasiswa/i diberikan pemaparan materi dan pengenalan mengenai tatalaksana bekerja di laboratorium dengan baik terutama di laboratorium sekolah tinggi farmasi Indonesia (STFI). Webinar dilaksanakan secara daring dengan menggunakan platform Zoom video conference.

Pada acara ini anggota SIGNA berkesempatan untuk menjadi MC dalam memandu acara hingga selesai. Acara dipandu oleh Muhammad Ismail Faruqi dan Sarah Rifka Rahmawati. Adapun rangkaian acara yang dilaksanakan dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi 1 pada jam 08.00-12.00 dan sesi 2 pada jam 13.00 – 16.00. Acara dimulai dengan pemaparan materi secara live oleh Bapak Syarif Hamdani, M.Si dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pertanyaan yang menarik yaitu mengenai pernahnya kejadian kecelakaan di laboratorium STFI. Kecelakaan yang pernah terjadi yaitu menyambarnya api ke badan salah seorang mahasiswa STFI. Kejadian seperti itu harus segera dihindari dengan pemberian edukasi kepada mahasiswa agar tidak terulang kembali.

Pada rangkaian acara selanjutnya para peserta ditampilkan secara langsung mengenai tata cara berada di laboratorium dan cara menggunakan alat laboratorium yang baik oleh laboran Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia. Beberapa tata cara yang dicontohkan yaitu penggunaan alat gelas, etika masuk kedalam laboratorium, penggunaan lemari asap, cara memadamkan api, dan banyak lainnya. Diharapakan setelah mengikuti pelatihan Laboratory Safety ini mahasiswa/i STFI terlebih mahasiswa angkatan 2020 yang belum pernah memasuki laboratorium STFI untuk dapat memahami dan melaksanakan apa saja yang sudah dijelaskan oleh pemateri dan para asisten laboratorium dan laboran STFI.

Penulis: Novita Nur Naeni

Editor: Muhammad Ismail Faruqi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.