Webinar “Pelatihan Instrumen Analisis” Pembekalan Mahasiswa TA

Kamis, 18 Maret 2021. Program Studi Sarjana Farmasi (PSSF) STFI telah melaksanakan Webinar Pelatihan Instrumen Analisis bagi mahasiswa/i Tugas Akhir STFI. Acara ini di isi oleh pemateri ketua KK Farmakokimia STFI Bandung apt.Melvia Sundalian,M.Si. Tujuan diadakannya webinar pelatihan ini yaitu memberi pembekalan kepada mahasiswa/i tugas akhir untuk dapat mengoperasikan instrumen analisis dengan baik dan benar. Mahasiswa/i diberikan materi dan penggunaan secara langsung seputar berbagai macam instrumen dan alat yang ada di laboratorium terutama di laboratorium Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia (STFI) menggunakan platform Zoom video conferens.

Pada acara ini anggota SIGNA berkesempatan untuk menjadi MC dalam memandu acara hingga selesai. Acara dipandu oleh M.ismail Faruqi dan Sarah Rifka Rahmawati. Adapun rangkaian acara yang dilaksanakan dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi 1 pada jam 08.00 – 12.00 dan sesi 2 pada jam 13.00 – 16.00. Acara dimulai dengan pemaparan materi secara live oleh Bapak apt.Melvia Sundalian,M.Si dan dilanjutkan dengan sesi diskusi atau tanya jawab dengan para peserta.

Pada rangkaian acara selanjutnya para peserta di tampilkan secara langsung mengenai penggunaan instrumen dan cara pengoperasiannya oleh laboran Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia. Instrumen yang di praktikan secara langsung yaitu di antaranya spektrometer UV-Visibel, Fourier Transform Infra Red (FTIR), High – Performance Liquid Chromatography (HPLC) atau Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (KCKT), dan instrumen kecil seperti timbangan analitik, sonikator, magnetik stirer, sentrifugasi, melting point, pH meter, dan lain sebagainya. Para laboran menjelaskan mengenai bagian-bagian alat instrumen, cara pengoperasian, cara merawat instrumen, dan penggunaannya sampai mendapatkan hasil yang dinginkan. Diharapkan setelah mengikuti webinar ini khususnya mahasiswa/i Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia yang sedang melaksanakan TA dapat mengerti dengan betul bagaimana cara mengoperasikan instrumen.

Penulis : Novita Nur Naeni

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.