Tips-Tips Meditasi di Rumah

Sumber: https://www.mindful.org/focus-attention/

Banyak orang yang tidak memerhatikan kesehatan mentalnya saat pandemi. Padahal kesehatan mental di masa pandemi sangat penting diperhatikan. Meditasi bisa menjadi cara yang cocok untuk melepaskan kejenuhan pandemi COVID-19 ini. Dahulu sebelum pandemi COVID-19, orang-orang harus menyempatkan waktu senggang untuk melakukan meditasi. Namun, saat ini meditasi bisa dilakukan kapan pun di rumah masing-masing. 

Apa itu Self Quarantine?

Menurut direktur senior pencegahan infeksi di Johns Hopkins, Lisa Maragakis, M.D., M.P.H., self quarantine adalah kegiatan untuk mengkarantina diri sendiri yang dilakukan selama 14 hari untuk melihat apakah kamu berpotensi sakit atau dapat menularkan virus COVID-19 ke orang lain. Nah, kegiatan karantina yang bisa kamu lakukan adalah tinggal di rumah, tidak menerima tamu, sering mencuci tangan sesuai standarisasi kesehatan, tidak saling berbagi barang pribadi seperti handuk, dan menjaga jarak dengan orang rumah setidaknya enam langkah.

Pandemi COVID-19 membuat kita semakin sulit untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Rutinitas yang biasanya kita lakukan seperti bekerja, belajar, berdiskusi dilakukan secara daring. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara daring membuat kita jenuh.

Imbauan pemerintah untuk isolasi di rumah mengharuskan kita berdiam di rumah, disebut juga karantina. Quarantine ini menyebabkan tingkat stress dan depresi semakin meningkat. Kesehatan mental kita pun semakin menurun. Bagi sebagian orang, quarantine adalah hal yang sangat membosankan. Untuk menghilangakan rasa bosan sekaligus stress, kita bisa melakukan meditasi.

Apa itu Meditasi? 

Meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, dan mencemaskan kehidupan kita sehari-hari. Manfaat dari meditasi salah satunya adalah menenangkan jiwa dan pikiran. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Tentukan tempat yang cocok dan nyaman

Tempat yang paling tepat untuk bermeditasi adalah tempat yang sunyi dan tenang. Tempat yang bisa kamu pilih seperti taman belakang dan kamar tidur.

  • Pilihlah waktu yang tepat

Meditasi bisa dilakukan kapan saja, bisa pagi hari, siang hari, sore hari, dan malam hari. Namun, pagi hari adalah waktu yang cocok jika kamu ingin memulai meditasi. Suasana pagi hari yang tidak bising, udara yang masih segar, dan suhu yang sejuk dapat mendukung bermeditasi di ruangan terbuka seperti taman belakang rumah.

  • Kenakan pakaian yang nyaman

Pakaian yang nyaman seperti kaos longgar atau baju olahraga yang menyerap keringat sangat bisa digunakan olehmu untuk bermeditasi.

  • Gunakan alas duduk

Alas duduk yang nyaman digunakan ialah bantal sofa jika kamu tidak memiliki alat duduk khusus meditasi bernama zafu.

  • Perhatikan postur tubuh

Posisi tubuh yang tepat untuk dasar meditasi adalah duduk tegak, kedua tangan di atas lutut, leher tak kaku, serta dagu sedikit menunduk. Untuk memaksimalkan pelepasan energi, diperlukan posisi duduk yang baik. Dengan mata terpejam, cobalah membangun fokus selaras posisi tubuh yang nyaman.

  • Posisi Duduk

Pilihlah posisi duduk senyaman mungkin. Kamu bisa memilih posisi duduk biasa. Letakkan tangan di atas paha agar meningkatkan konsentrasimu.

  • Tenangkan pikiran

Lepaskan pikiran dengan cara melupakan masalah-masalah yang menggangu pikiranmu. Pejamkan mata dan mulailah bermeditasi.

  • Aturlah ritme pernapasan

Pernapasan merupakan aspek penting dalam meditasi untuk menciptakan ketenangan dan konsentrasi. Cara bernapas pada tahap dasar meditasi yakni menarik napas lewat hidung dan membuangnya perlahan melalui mulut. Rasakanlah sensasi pernapasan pada dada, perut, atau bahu. Bernapaslah sambil berhitung untuk membentuk keteraturan pola pernapasan.Untuk menciptakan keteraturan ritme.

Yuk, Meditasi!

Itulah tips-tips melakukan meditasi bagi pemula yang ingin bermeditasi dengan cara yang mudah. Waktu quarantine sangatlah cocok digunakan  untuk melakukan meditasi. Penurunan kesehatan mental yang diakibatkan quarantine pun akan meningkat. Selamat mencoba !

Referensi

https://www.99.co/blog/indonesia/cara-meditasi-yang-benar-di-rumah/

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190717102939-255-412852/cara-meditasi-yang-benar-dan-mudah-bagi-pemula

Penulis        : Amanda Tri Kartika

Editor           : Muhammad Ismail Faruqi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.